Industri KreatifKabar KreatifKota Kreatif

Tingkatkan Skil Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah, Pemkot Malang Bakal Kolaborasi Dengan Kampus Umkm Shopee

Indiekraf.com-Berdirinya kampus UMKM Shopee di wilayah komplek perumahan Bulan Terang Utama (BTU) di wilayah Kedungkandang Kota Malang bakal menjadi barometer pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang ada di Malang raya. Karena di tempat tersebut bakal banyak aktifitas pelatihan dasar hingga profesional untuk para pelaku usaha UMKM.

Pendirian Kampus UMKM Shopee di wilayah Kedungkandang tersebut dinilai sudah sangat tepat oleh Gubernur Jawa Timur Khoifah Indar Parawansa M.Si.

“Startup terbanyak di Jawa Timur itu ada di Malang, setelah itu baru Surabaya. Jadi pendirian Kampus UMKM Shopee di Malang ini sudah sangat tepat sekali,” ungkap Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Sementara itu, usai mengikuti berbagai agenda kegiatan dalam rangka peresmian Kampus UMKM Shopee tersebut, Wakil Wali Kota Malang, Ir H. Sofyan Edi Jarwoko menyampaikan apresiasinya atas keberadaan Kampus UMKM Shopee di Kota Malang tersebut.

Baca juga:

“Yang jelas keberadaan Kampus UMKM Shopee ini akan sangat membantu para pelaku UMKM yang ada di Jawa Timur khususnya di Kota Malang. Saya kira ini akan mempercepat pengembangan ataupun peningkatan UMKM karena mampu mengatasi hambatan dan kesulitan serta tantangan yang dihadapi pelaku UMKM saat ini,” ujar Wakil Wali Kota Malang.

Berbagai pelatihan dan fasilitas yang disediakan di Kampus UMKM Shopee tersebut menurut Sofyan Edi Jarwoko akan mampu meningkatkan keterampilan pelaku UMKM dalam kaitan marketing, memasuki dunia digital termasuk marketplace dengan harapan akan mampu meningkatkan omzet penjualan.

“Menurut saya ini bagus untuk para pelaku UMKM,” ujar pria yang akrab disapa Bung Edi ini.

Saat ditanya peran serta Pemerintah Kota (Pemkot) Malang  dalam mendorong pengembangan kapasitas UMKM ataupun para pelaku ekonomi kreatif di Kota Malang, Bung Edi menegaskan Pemerintah Kota Malang saat ini juga tengah mempersiapkan Malang Creative Center (MCC) sebagai inkubator dan lembaga pengembangan ekonomi kreatif di Kota Malang.

“Nanti kan bisa dioptimalkan di Kampus Shopee ini juga. Sinergitas bersama-sama untuk peningkatan kapasitas UMKM di Kota Malang antara MCC dengan Kampus UMKM Shopee Malang ini,” pungkas Bung Edi.

Related Articles