Acara KreatifAplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifInsightKabar KreatifMbois MediaOpini Kreatif

Tips Optimasi Bisnis Software House

Indiekraf.com – Pada masa pandemi seperti sekarang, banyak bisnis yang mulai untuk mempromosikan produk mereka secara online. Hal tersebut dilakukan karena melakukan promosi secara offline seperti membuat event atau pameran sangat sulit untuk dilakukan, mengingat peraturan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Dalam melakukan promosi secara online, sebuah bisnis harus memanfaatkan kemajuan teknologi, salah satunya adalah dengan memanfaatkan sosial media atau membuat sebuah website. Tidak semua orang memiliki kemampuan yang bagus dalam memanfaatkan teknologi. Oleh karena itu, bisa dibilang ini adalah kesempatan bagi sebuah perusahaan digital.

Baca juga Tips Menulis & Mempublish Typescript Library

Perusahaan digital seperti software house memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan client baru di masa pandemi. Tak heran jika saat ini banyak software house yang mulai berlomba-lomba untuk membuat otomasi bisnisnya agar lebih efektif. Optimasi bisnis juga termasuk proses sebuah perusahaan untuk berkembang menjadi lebih besar.

Untuk mempelajari lebih dalam mengenai cara optimasi bisnis software house, DiLo Malang menggelar event #NgalamTalks4 dengan tema “HOW TO AUTOMATE YOUR DIGITAL BUSINESS”. Event yang digelar pada hari Senin (08/03) ini menghadirkan pemateri berpengalaman yaitu Arya Pradana, Commissioner Floo.id, Founder Incbuss Creative & Co-Founder DOT Indonesia.⁣

Event #NgalamTalks4 DILo Malang membahas optimasi bisnis software house
Event #NgalamTalks4 DILo Malang membahas optimasi bisnis software house

Baca juga Tips Membuat UI Kit Untuk Pengembangan Aplikasi Digital

Dalam materi yang disampaikan, Arya memberikan tips agar perusahaan bisa melakukan optimasi secara efektif. Hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah menentukan struktur organisasi yang tepat. Semakin besar bisnis, maka akan semakin rinci pula struktur yang harus diperhatikan.

Setelah itu, buatlah goal atau tujuan yang jelas. Setiap tim yang ada di perusahaan harus memiliki goal masing-masing. Goal tersebut bisa diukur dengan KPI atau OKR, tergantung dari kebijakan perusahaan. Dalam hal ini, jika kita berperan sebagai atasan sebuah perusahaan, kita juga harus aktif untuk melakukan transfer knowledge, tacit knowledge & explicit knowledge.

Selain itu, jika perusahaan kita akan melakukan optimasi, rekrutlah karyawan yang expert atau profesional dibidangnya. Adanya karyawan tersebut akan mampu membantu perusahaan dalam mengatur setiap kegiatan menjadi lebih efisien. Sehingga, perusahaan kita bisa menjadi lebih berkembang dan harapannya bisa mendapatkan profit yang lebih besar.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button