Acara KreatifIndustri KreatifKabar KreatifPelaku Kreatif

Vaksinasi Pelaku Ekonomi Kreatif Resmi Difasilitasi Kemenparekraf

Indiekraf.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) baru saja mengumumkan sebuah kegiatan terkait sektor ekonomi kreatif. Dalam rangka mempercepat proses pemulihan di sektor ekonomi dan industri kreatif Indonesia, Kemenparekraf memberikan fasilitas vaksinasi. Fasilitas vaksinasi ini berlaku untuk para pelaku ekonomi kreatif. Seperti apa kelangsungan program vaksinasi pelaku ekonomi kreatif ini?

Vaksinasi Pelaku Ekonomi Kreatif Resmi Difasilitasi Kemenparekraf
Sumber : kemenparekraf.go.id

Vaksinasi Pelaku Ekonomi Kreatif Resmi Difasilitasi Kemenparekraf

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan fasilitas vaksinasi kepada para pelaku ekonomi kreatif. Program ini dilakukan secara bertahap mengingat jumlah pelaku ekonomi kreatif di Tanah Air yang tidak sedikit. DI tahap pertama, vaksinasi dilakukan kepada 126 pelaku ekonomi kreatif di Indonesia.

Jumlah tersebut mencakup dari berbagai bidang atau subsektor ekonomi kreatif seperti musisi, pelaku film, dan lain-lain. Program vaksinasi ini merupakan tahap awal dan akan dilanjutkan dengan berbagai program vaksin lainnya. Program vaksinasi lainnya bisa jadi dilakukan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mempercepat distribusi pemberian vaksin kepada masyarakat, terutama lansia.

Pelaku Ekonomi Kreatif Memiliki Risiko karena Interaksi Tinggi

Program vaksinasi ini dilakukan pada hari Sabtu (17/4) lalu di bilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) turut hadir di tengah prosesi tersebut. Ia sempat memberi sambutan untuk menekankan bahwa pihaknya masih terus berkoordinasi untuk memberi prioritas bagi pelaku kreatif.

“Kami mendukung agar pelaku sektor ekonomi kreatif terutama yang sifat pekerjaannya di luar rumah dan memiliki intensitas interaksi yang tinggi untuk segera mendapatkan prioritas vaksin,” kata Menparekraf. Vaksinasi ini diharapkan bisa membangkitkan sektor ekonomi kreatif Tanah Air yang sudah lama ‘libur’ akibat pandemi. Meski begitu, protokol kesehatan harus terus diterapkan di sektor tersebut.

Vaksinasi Pelaku Ekonomi Kreatif untuk Memberi Rasa Aman

Menparekraf mengatakan bahwa vaksinasi ini dirasa mampu meningkatkan rasa aman bagi pelaku ekonomi kreatif. Hal itu lantaran risiko untuk terpapar virus COVID-19 menjadi lebih kecil. “Kami mengharapkan vaksinasi ini dapat menjadi awal untuk kelanjutan vaksinasi bagi masyarakat pariwisata dan ekraf lainnya yang jumlahnya lebih dari 30 juta,” kata Sandiaga.

Ia juga menambahkan bahwa bangkitnya sektor ekonomi kreatif Tanah Air pastinya akan berdampak positif bagi perekonomian Indonesia saat ini.

Baca Juga Vaksinasi Lansia di Malang Akan Dilakukan Lewat Drive-Thru

Related Articles