Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri Kreatif

YouTube Shorts Bisa Hasilkan ‘Cuan’, Apa Aja Syaratnya?

Indiekraf.com – Salah satu fitur baru dari YouTube kini tengah mendapat perhatian. Hal itu tak lain karena kabar bahwa YouTube Shorts ini bisa menghasilkan ‘cuan’ untuk penggunanya. Kabar tersebut masih simpang siur di media sosial. Tapi yang pasti, fitur Shorts ini dipastikan bisa menjadi saluran baru untuk menambah ‘penghasilan’ bagi para kreatornya.

YouTube Shorts Bisa Hasilkan ‘Cuan’, Beneran?

YouTube Shorts memang belum lama dikenalkan ke publik. Akan tetapi, saat ini fitur ini justru sedang banyak diperbincangkan oleh warganet. Hal ini lantaran adanya kabar bahwa fitur ini bisa menambah penghasilan bagi para penggunanya.

Kabar ini pun dikonfirmasi oleh pihak YouTube. Pihak mereka menjelaskan bahwa YouTube siap memberikan ‘dana’ untuk kreator sampai dengan USD10.000 . Angka tersebut bahkan setara dengan Rp143 juta per bulannya. Hal itu bisa dicapai apabila kreator membuat konten yang menarik di platform tersebut.

Telah Dikonfirmasi oleh Pihak YouTube 

Berita mengenai ‘gaji’ untuk kreator YouTube Shorts ini disampaikan langsung lewat blog resmi YouTube pada Selasa (3/8/21) lalu. Unggahan tersebut berisikan berita bahwa platform ini telah menyiapkan dana sampai dengan USD10.000 untuk kreatornya selama satu tahun kedepan. 

“Setiap bulan, kami akan menjangkau ribuan pembuat konten yang memenuhi syarat untuk mengklaim pembayaran dari Fund – pembuat konten dapat menghasilkan mulai dari $100 hingga $10.000 berdasarkan penayangan dan keterlibatan di Shorts mereka.” sebut pihak YouTube. Hal ini dinilai sebagai upaya untuk ‘meramaikan’ konten di fitur baru tersebut. Selain itu, akan semakin banyak pula penikmat video Shorts yang dibuat oleh para kreator.

Cara untuk Menghasilkan Uang di YouTube Shorts

Seperti kebanyakan platform lainnya, di sini ada juga beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube. Salah satu syaratnya adalah membuat konten yang original dan bukan hasil repost dari platform lain. Hal ini dilarang karena kini memang banyak pengguna yang memanfaatkan cross-platform untuk mendapatkan banyak penonton.

Jumlah penghasilan yang akan diterima kreator pun bergantung pada popularitas karyanya. Selain itu, lokasi masing-masing penonton Shorts juga menjadi pengaruh terhadap besarnya jumlah bayaran. 

Baca Juga Peraturan Baru, YouTube Membatasi Menampilkan Wajah Seseorang, Apa Maksudnya?

Related Articles