Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifInsightKabar Kreatif

YouTube Studio Luncurkan Fitur ‘Check’, Apa Fungsinya?

Indiekraf.com – YouTube telah meluncurkan fitur baru yang mampu memeriksa kemungkinan pelanggaran hak cipta selama proses upload video. Menurut Konsultan Media Sosial, Matt Navarra (melalui XDA Developers), menyebutkan bahwa fitur tersebut diberinama dengan ‘Check’. Kira – kira, bagaimana ya sistem kerja dari fitur baru ini?

‘Check’ tersedia di YouTube Studio. Fitur ini mampu memeriksa video untuk masalah hak cipta apa pun agar para youtuber bisa berkreasi dengan aman. Para youtuber atau konten kreator dapat mengatasi masalah apa pun yang muncul sebelum video dipublikasikan. Mereka akan melihat detail tentang apakah video yang mereka buat terdapat isu pelanggaran hal cipta atau tidak, termasuk kode waktu, dan dampaknya pada video.

Baca juga Apakah Membuat Konten Hasil Plagiat di YouTube Bisa Dipidana?

Fitur ‘Check’ akan mengurangi jumlah video yang memiliki klaim hak cipta atau masalah yang membatasi iklan yang sudah diatur oleh YouTube. Pemeriksaan hak cipta biasanya membutuhkan waktu kurang dari tiga menit dan pemeriksaan kesesuaian iklan biasanya diselesaikan dalam dua menit.

Fitur ‘Check’ akan memungkinkan para youtuber atau konten kreator untuk melihat apakah visibilitas atau monetisasi akan dibatasi pada saat video dipublikasikan. Meski begitu, para kreator masih bisa memilih untuk tetap mengupload video mereka saat pemeriksaan oleh fitur ‘Check’ sedang berlangsung. Namun, mereka harus menerima risiko jika nanti sistem YouTube menemukan masalah atau sebuah pelanggaran.

Baca juga YouTube Akan Segera Memotong Penghasilan Para YouTuber, Ini Alasanya

Sistem kerja dari ‘Check’ ini memanfaatkan sistem YouTube’s Content ID, yang mampu memantau layanan untuk masalah hak cipta. Pemilik hak cipta yang menemukan pelanggaran melalui Content ID dapat memblokir video agar tidak dapat ditonton, memonetisasinya sendiri, atau melacak statistik penayangan. YouTube juga dapat memblokir channel jika terdapat isu pelanggaran hak cipta.

Fitur ini tentunya akan mampu mengurangi kasus pembajakan dan hak cipta yang masih sering terjadi. Meskipun nantinya jika fitur ‘Check’ mengalami ‘miss’ saaat meriksa sebuah video yang melanggar hak cipta, maka sang pemilih hak cipta tetap bisa mengajukan pelanggaran ke YouTube.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] YouTube Studio has a tool that checks for copyright violations during upload

Related Articles