Aplikasi Digital dan GameIndustri Kreatif

Zomato Resmi Tutup Kantor dan Operasional di Indonesia

Indiekraf.com – Pernahkah kamu ingin mengunjungi suatu restoran lalu mencari informasinya di internet? Kalau iya, kamu pasti sudah tak asing dengan aplikasi dan situs bernama Zomato. Namun sayangnya, aplikasi dan situs yang menyediakan informasi restoran ini kini resmi menutup operasionalnya di Tanah Air.

Dikutip dari Kompas.com, mereka menerima edaran surat elektronik mengenai penutupan aplikasi ini. “Kami memutuskan untuk menutup operasional lokal di Indonesia. Kami berterima kasih kepada semua cinta yang telah kami dapat dari pengguna, komunitas restoran, dan semua partner lainnya,” jelas juru bicara Zomato pada surat elektronik yang diterima pada tanggal 20 Oktober 2020 lalu.

Penutupan aplikasi ini juga serentak dengan pemberhentian layanan Zomato Pro maupun Zomato Gold di Indonesia. Padahal, layanan tersebut merupakan fitur berbayar yang membuat pengguna aplikasi bisa mendapatkan benefit. Beberapa keuntungan dengan bergabung ke layanan tersebut adalah bisa melakukan reservasi restoran dan memilih menu makanan dengan lebih mudah. 

Baca Juga Menerawang Nasib Startup Indonesia Setelah Tutupnya Blanja.com?

Zomato sendiri membuka layanan keanggotaan bersifat berbayar yaitu  Zomato Gold pada tahun 2018. Melalui layanan ini pelanggan yang mendaftarkan diri dan membayar sesuai ketentuan akan mendapatkan benefit berupa makanan dan minuman gratis. Makanan dan minuman gratis ini akan didapatkan dari pembelian di restoran mitra Zomato. Dengan ditutupnya operasional Zomato Indonesia pasti akan berimbas pada layanan ini. “Pro members (anggota) Zomato Gold di Indonesia akan tetap mendapatkan manfaat dari keanggotan mereka sampai 30 November 2020,” jelas juru bicara Zomato.  “Mereka akan diberikan penawaran refund (ganti rugi) secara proporsional,” jelasnya kembali.

Dalam tangkapan layar yang dilampirkan, dituliskan bahwa layanan Pro tidak dapat lagi bisa diakses mulai tanggal 30 November 2020 mendatang. Akun resmi Zomato Indonesia juga memberikan arahan pengembalian dana (refund) untuk para pelanggan yang telah mendaftar Zomato Pro. 

Juru bicara dari pihak Zomato kini sedang menyesuaikan strategi pemasaran mereka berkaitan dengan visi jangka panjang. Situs dan aplikasi Zomato Indonesia pun disebut akan tetap beroperasional. Melalui akun Twitter Official @zomatoid, mereka mencuitkan “Kamu masih dapat mengakses fitur pencarian restoran zomato melalui aplikasi & website kita, dan tetap bisa berbagi review atau foto disana. Terima kasih~”.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button