Selamat Datang di Indiekraf Media - Kunjungi Juga Studio Kami untuk Berkolaborasi lebih Keren :)

Menuju Indiekraf Studio
Desain ProdukInsightKabar KreatifMbois Media

iPhone 16 Sudah Rilis, Ini Inovasi Barunya yang Wajib Kamu Tahu!

Baru rilis, Iphone 16 tawarkan inovasi baru. Apa bedanya dengan series sebelumnya?

Indiekraf.com – Apple baru saja resmi merilis seri iPhone 16 pada 13 September 2024 lalu. Menawarkan fitur dan desain berbeda, iPhone 16 ini merupakan penerus dari iPhone 15 yang sudah rilis di tahun sebelumnya. Berikut merupakan inovasi baru yang Apple tawarkan untuk seri iPhone 16.

Chipset baru, performa lebih cepat dan gaming lebih nyaman

Melompat jauh dari seri sebelumnya, seri iPhone 16 menggunakan chipset A18 yang diklaim memiliki performa dua kali lebih cepat dibanding pendahulunya, A16 Bionic. Dengan performa lebih cepat, ini berarti memungkinkan pengguna untuk memainkan game dan menjalankan aplikasi berat dengan lebih mulus.

Tak hanya itu, chipset A18 ini juga dilengkapi dengan teknologi pemrosesan grafis yang lebih canggih, sehingga idengan grafis tinggi dapat dijalankan dengan lancar tanpa kendala. CPU 6-core dan 5-core yang dibawanya juga diklaim lebih hemat daya dibanding A16 Bionic, membuat baterainya bertahan lebih lama walau digunakan untuk aktivitas berat.

Desain dan kamera dengan fitur revolusioner

Salah satu perubahan desain yang tampak mencolok di iPhone 16 dibanding seri sebelumnya adalah letak kamera yang disusun vertikal, alih-alih diagonal seperti pada seri sebelumnya. Apple juga mengenalkan tombol sentuh Kontrol Kamera yang dapat memudahkan akses kamera untuk mengambil foto dan video.

Fitur Kontrol Kamera – Sumber foto: Apple

Fitur ini juga didukung dengan kecerdasan buatan (AI) yang nantinya dapat membantu pengguna mempelajari objek dan tempat dengan cepat. Jadi, pengguna nantinya dapat menggunakan fitur ini untuk memfoto objek dan mendapatkan informasi tentang objek tersebut dalam sekejap. 

iPhone 16 menawarkan sistem kamera yang lebih canggih dibanding sebelumnya. Menggunakan kamera utama Fusion 48 MP dan lensa Ultra Wide 12 MP yang baru, pengguna dapat mengambil foto dengan bidikan sudut yang lebih lebar dan fokus otomatis untuk fotografi makro.  Sistem kamera ini dapat menangkap cahaya hingga 2,6 kali lebih banyak untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih tinggi.

Fitur baru lainnya adalah Audio Mix yang dapat digunakan pada pengeditan suara di video. Dengan fitur ini pengguna dapat menyesuaikan suara seperti video yang direkam di studio profesional. Fitur ini didukung oleh algoritma Machine Learning (ML) yang dapat mengurangi noise sehingga mampu meningkatkan kualitas audio pada video.

Desain iPhone 16 baru yang lebih tangguh

iPhone 16 menawarkan desain terbaru yang dibuat untuk bertahan lama. Menggunakan kaca belakang yang lebih kuat, teknologi tahan air dan debu, serta Ceramic Shield generasi terbaru, iPhone 16 diklaim 50% lebih tangguh dibanding seri sebelumnya.

Layar yang digunakan juga menggunakan Super Retina XDR dengan teknologi OLED dan Dynamic Island untuk pengalaman menonton yang lebih luar biasa. Tombol Tindakan hadir di iPhone 16 untuk membantu pengguna mengakses berbagai fungsi dan fitur dengan lebih cepat seperti kamera, senter, kontrol, dan fitur aksesibilitas lainnya.

Kenalkan Apple Intelligence

Seri iPhone 16 dirancang untuk Apple Intelligence, yang merupakan model AI generatif rancangan Apple untuk membantu pengguna menyederhanakan dan mempercepat tugas sehari-hari di perangkatnya. Apple Intelligence ini akan terintegrasi dengan iOS 18 dan dirancang untuk menjaga privasi dan keamanan data pengguna melalui Private Cloud Compute (Komputasi Cloud Pribadi).

Kecerdasan buatan Apple ini dapat membantu pengguna menyempurnakan tulisan dengan mengoreksi atau meringkas teks, membuat gambar dan emoji sendiri, meringkas audio rekaman, dan juga membuat Siri lebih natural dan fleksibel. 

iPhone 16 diklaim ramah lingkungan

iPhone 16 dirancang dengan mempertimbangkan  keberlanjutan lingkungan. Melansir dari rilisan pers resminya, Apple memiliki target Apple 2030 yang membuat perusahaannya bebas karbon dan memprioritaskan listrik terbarukan.

Saat ini, semua fasilitas Apple diklaim menggunakan 100% listrik terbarukan dan merancang produk-produknya dengan bahan daur ulang, seperti kaca dan baterai daur ulang. Ini merupakan upaya dan komitmen Apple dalam mencapai tujuannya untuk mengurangi dampak lingkungan dan menciptakan produk yang lebih ramah lingkungan.

iPhone 16 – Sumber foto: Apple

Varian dan harga iPhone 16 

iPhone 16 hadir dengan beberapa seri, yaitu iPhone 16, 16 Plus, 16 Pro, dan 16 Pro Max. Sayangnya, hingga artikel ini ditulis, Indonesia belum termasuk salah satu negara yang dapat melakukan pre-order iPhone 16. Tetapi tidak perlu khawatir karena produk ini dipastikan akan hadir di pasar Indonesia.

Untuk harga, berdasarkan laporan dari Detik, iPhone 16 diperkirakan akan dibanderol dengan harga mulai dari sekitar Rp16.499.000 untuk iPhone 16 128GB hingga Rp33.999.999 untuk iPhone 16 Pro Max 1TB.

Baca juga:

 

Show More

Related Articles

Back to top button