Selamat Datang di Indiekraf Media - Kunjungi Juga Studio Kami untuk Berkolaborasi lebih Keren :)

Menuju Indiekraf Studio
Acara KreatifIndustri KreatifInsightMbois Media

4 Pameran Seni Terbesar Se-Indonesia yang Wajib Masuk Agendamu!

Indiekraf.com – Indonesia kaya akan seni kreatif mulai dari seni tradisional, modern, hingga kontemporer. Dengan beragam seniman yang berbakat dan memiliki ciri khasnya masing-masing, Indonesia punya wadah bergengsi untuk memamerkan karya seni mereka. Berikut 4 pameran seni terbesar se-Indonesia yang wajib masuk agendamu!

ARTJOG

ARTJOG merupakan salah satu pameran seni terbesar dan paling hits di Indonesia, bahkan hingga mancanegara. Lokasinya ada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan menjadi wadah para seniman lokal dan internasional memamerkan karyanya. Pameran seni rupa ini pertama kali diadakan pada 2008 dan di tahun 2024 ini telah diadakan pada 28 Juni – 1 September 2024 lalu.

ARTJOG 2024 – Sumber foto: artjog.id

Tidak hanya menampilkan karya dari puluhan seniman dari penjuru negeri, ARTJOG juga hadir sebagai wadah proses berkesenian dan kreasi melalui presentasi program seni dan edukasi. Selain itu ARTJOG juga menghadirkan seniman, kurator, workshop, hingga pertunjukan musik serta tarian kontemporer dan penjualan souvenir seni, membuatnya menjadi festival seni yang berhasil menarik wisatawan lokal dan mancanegara.

Art Jakarta 

Ada banyak pameran seni di Jakarta, salah satu yang terbesar adalah Art Jakarta. Telah ada sejak 2009, Art Jakarta menjadi salah satu wadah seniman untuk memamerkan karya dan juga menjadi forum yang dilengkapi dengan program-program terkait seni untuk para stakeholder terkait.

Art Jakarta diadakan tahunan dan turut diminati banyak pengunjung lokal maupun internasional. Karya yang dipamerkan tidak hanya seni rupa, melainkan juga berbagai macam seni instalasi, patung, dan karya menarik lainnya. Dengan beragam karya dan program yang menarik, Art Jakarta memiliki pengaruh yang cukup besar dalam dunia seni kontemporer kelas internasional. 

Art Jakarta 2024 – Sumber foto: artjakarta via Instagram

Lebih dari itu, Art Jakarta juga memiliki terobosan serupa bernama Art Jakarta Gardens yang memamerkan karya seni di ruang terbuka. Art Jakarta Gardens sendiri pertama hadir di tahun 2022 dan telah dihadirkan kembali di tahun 2024 pada 23 – 28 April 2024 lalu di Hutan Kota by Plataran, Senayan.

Jakarta Biennale

Jakarta Biennale menjadi bagian dari pameran terbesar dan hits yang ada di Jakarta. Pameran seni ini pertama kali digagas oleh Dewan Kesenian Jakarta pada tahun 1974 dengan nama Pameran Besar Seni Lukis Indonesia. Lalu di tahun 1975 berubah nama menjadi Jakarta Biennale (lukisan) dan Biennale Seni Rupa pada tahun 1993. 

Sayangnya, pameran ini sempat berhenti di tahun 1998, lalu kembali lagi di tahun 2006 dengan nama Jakarta Biennale sampai sekarang. Sejak 2009, Jakarta Biennale diselenggarakan dalam skala internasional. Pameran seni rupa kontemporer ini dilangsungkan setiap dua tahun sekali dan di tahun 2024, Jakarta Biennale diselenggarakan selama 50 hari untuk merayakan 50 tahun Jakarta Biennale. 

Jakarta Biennale – Sumber foto: jakartabiennale-galerisaku via Instagram

Kamu bisa mengunjungi Jakarta Biennale 2024 di Kompleks Taman Ismail Marzuki Jakarta dan ruang-ruang kolektif yang bergabung di dalam Majelis Jakarta, mulai 1 Oktober 2024 hingga 15 November 2024 ke depan. 

Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD)

Sesuai namanya, pameran ini termasuk unik karena tidak hanya menampilkan seni rupa, tetapi juga berkolaborasi dengan desain, teknologi, arsitektur, dan lainnya termasuk fashion, film, hingga F&B. Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) menjadi platform pertama dan satu-satunya yang mewadahi kolaborasi antar disiplin seperti ini.

ICAD pertama kali diadakan pada 2009 dan telah menjadi pameran berskala besar yang menampilkan desain dan seni kontemporer di Indonesia. Platform ini juga membuka 5 kategori yang dapat para seniman tampilkan, yaitu Special Appearance, In Focus, Featured, Open Submission, dan Collaboration.

Kamu bisa mengunjungi ICAD 2024 yang diadakan pada 10 Oktober – 10 November 2024 di Grandkemang Hotel, Jakarta. 

Itulah 4 pameran seni terbesar se-Indonesia yang wajib masuk agendamu. Jadi sudah pernah mampir ke pameran seni yang mana? Atau malah sudah pernah mampir kesemuanya? Mumpung beberapa pameran masih berlangsung hingga November 2024, yuk cuss nikmati koleksi karya para seniman di sana!

Sumber: kemenparekraf, indonesia.travel, karena.id, harianjogja, liputan6, instagram

Baca juga:

Show More

Related Articles

Back to top button