Selamat Datang di Indiekraf Media - Kunjungi Juga Studio Kami untuk Berkolaborasi lebih Keren :)

Menuju Indiekraf Studio
Aplikasi Digital dan GameInsightMbois MediaPelaku Kreatif

Mocchi Mitten, Karya Anak SD Kelas 5 yang Jago Bikin Game!

Indiekraf.com – Potensi kreatif warga Malang tidak main-main. Mengikuti perkembangan industri game yang semakin pesat, Malang juga tak mau ketinggalan dengan menghadirkan berbagai studio game yang menghasilkan produk-produk game luar biasa. Tak hanya studio game, anak SD kelas 5 pun juga jago bikin game!

Adalah Mocchi Mitten, game sederhana yang juga ikut dirancang oleh Adelia Misha sebagai 2D Artist dan character owner. Adelia Misha berkolaborasi dengan ayahnya, Arie Affianto, sebagai developer dalam merancang game Mocchi Mitten. Mochi Mitten menawarkan game sederhana yang menghibur tetapi penuh tantangan.

Konsep dari game Mocchi Mitten adalah kamu sebagai pemain harus menjaga nyamuk tetap berada di kegelapan dengan cara mengetuknya melewati cahaya untuk menghindari kucing yang sedang tidur. Ketika kucing terbangun, kamu harus menjaga nyamuk tetap berada di kegelapan. Karena jika kucing terbangun dan nyamuk berada di cahaya, maka game akan gagal.

Ada 3 level dalam game Mocchi Mitten dan tingkat kesulitan tiap level akan bertambah. Grafis yang ditampilkan Mocchi Mitten sederhana tetapi lucu dengan kucing yang sangat ekspresif, menambah daya tarik tersendiri bagi pemain. 

Kehadiran Mocchi Mitten sebagai game karya asli anak Malang menunjukkan betapa berkembangnya komunitas game di Malang. Hal ini juga menjadi contoh bahwa kolaborasi antar keluarga, seperti Adelia Misha dan ayahnya, dapat menghasilkan karya yang bermanfaat dan menghibur.

Adelia Misha (kanan) dengan ayahnya, Arie Affianto (kiri) (Sumber foto: globalgamejam.org)

Selain itu, kesuksesan Mocchi Mitten tak bisa diremehkan. Infonya, Mocchi Mitten sempat mendapatkan penghargaan dalam Global Game Jam Malang 2024! Selain itu, Mocchi Mitten juga sempat ikut event Playtest yang diadakan komunitas Game Dev Malang (GDM) dan Indigo, pada 8 Mei 2024 lalu.

Mocchi Mitten dalam event Playtest GDM & Indigo, 8 Mei 2024 (Sumber: dokumentasi Indiekraf)

Fakta bahwa Mocchi Mitten ikut dikerjakan dan dikembangkan oleh anak-anak dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang tua dan guru untuk terus mendukung dan mengembangkan bakat anak-anak dalam bidang yang mereka minati.

Kehadiran Mocchi Mitten di dunia game tidak hanya sebagai sebuah permainan saja, tetapi bukti bahwa anak-anak juga mampu berkreasi dan berinovasi sesuai minat dan bakatnya. Dengan semakin berkembangnya game lokal dari Malang, diharapkan nantinya akan muncul lebih banyak lagi karya-karya unik, menghibur, dan tentunya menginspirasi para game developer di Malang. Kalau kamu mau coba memainkan Mocchi Mitten, game bisa diakses di sini.

Baca Juga:

Prinkadipa: Duet Ibu dan Anak Hadirkan Keistimewaan
Mengenal Bingkai Karya, Startup Karya Arek Malang Yang Sedang Naik Daun
Inovatif! Lewat Database Pemasyarakatan, Warga Binaan Lapas Kelas 1 Malang Bisa Tahu Kapan Mereka Bebas
Startup Diri Care: Startup yang Fokus untuk Perawatan Diri

Show More

Related Articles