Selamat Datang di Indiekraf Media - Kunjungi Juga Studio Kami untuk Berkolaborasi lebih Keren :)

Menuju Indiekraf Studio
Acara KreatifAplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifInsightKabar Kreatif

Mempercepat Tumbuhnya Startup, Program STARCO (Startup Coaching) Resmi Diluncurkan

Indiekraf.com – Peresmian launching STARCO yang digagas oleh CATALIZ INDONESIA pada tanggal spesial 12.12.2020 mewarnai sejarah pertumbuhan dunia industri startup. Berbagai dukungan dan respon positif nampak terlihat jelas dari antusias kedatangan sejumlah pihak diantaranyaKetua AIBI Pusat yang sekaligus meresmikan dimulainya program STARCO, Koordinator AIBI Wilayah Jatim, Ketua Komunitas Startup dan para kepala inkubator bisnis dari berbagai universitas di Indonesia yang ikut hadir menyambut hangat kehadiran STARCO.

Pasalnya, program STARCO (Startup Coaching) ini baru pertama kali hadir memberikan nuansa konsep yang berbeda dalam mencetak startup yang kompeten di Indonesia. Tak heran bahwa CATALIZ yang telah melakukan kerjasama dengan inkubator-inkubator bisnis dari berbagai universitas di Indonesia dan komunitas startup seperti STASION, menjadikan STARCO sebagai langkah awal untuk saling bersinergi.

Baca juga Naiklan Level UMKM, Sampoerna Geber Program Start It Up!

Startup Coaching atau yang lebih dikenal dengan sebutan STARCO dipersembahkan oleh CATALIZ untuk menumbuhkembangkan ekosistem startup di Indonesia. CATALIZ sendiri adalah sebuah perusahan yang berpusat di Kota Malang namun beroperasi di seluruh Indonesia dan bergerak di bidang Coaching, Training dan Mentoring yang mengusungkonsep inkubasi terintegrasi.

Menurut Jacob Win selaku CEO CATALIZ yang juga seorang Professional Startup Coach, diungkapkan bahwa program STARCO ini merupakan salah satu jawaban untuk meningkatkan growth startup lebih cepat, yang selama ini proses inkubasi dilakukan menggunakan konsep berbasis Training dan Mentoring dengan tujuannya yakni knowledge delivery, tetapi dengan adanya STARCO yang berbasis coaching dapat menghasilkan people optimization yang diiringi oleh tercapainya goal dari startup itu sendiri.

Khusus untuk Kota Malang yang memiliki potensi banyak startup kreatif, Jacob Win melihat bahwa pendekatan coaching dari STARCO dapat mengakselerasi pertumbuhan startup dan memberikan dukungan penuh pada STASION, komunitas startup terbesar di Malang Raya.

Baca juga Program Inkubasi Pendanaan untuk Pelaku Industri Kreatif

Pada kesempatan yang sama, Ir.Asril F Syamas, M.Sc selaku ketua AIBI Pusat menyambut baik program STARCO dari CATALIZ ini yang mampu memperkaya dan membuat pengembangan wirausaha baru. Sekaligus bagaimana AIBI dan STARCO menjawab tantangan dari masyarakat dan pemerintah.  Beliau juga  menambahkan harapannya bahwa  “STARCO adalah kesempatan bagus sebagai strategi partner ke depan dalam menjalankan proses inkubasi dan menjadi bagian dari program inkubasi,” pungkasnya.

“Pendampingan, fasilitas dan seed capital tidak cukup untuk menetukan keberhasilan inkubasi startup. Melainkan pendamping, coaching, dan mentor mengambil porsi keberhasilan sebanyak 60%”, ungkap kepala AIBI lewat sambutannya.

 

Show More

Related Articles