Tak Berkategori

Android 12 Resmi Dirilis, Berikut Daftar HP yang Bisa Menggunakannya

Indiekraf.com – Google resmi memperkenalkan Android 12 kepada masyarakat dunia dalam event Google I/O. Berbeda dengan versi sebelumnya, versi terbaru ini memiliki desain yang sangat ‘segar’ yang mereka sebut dengan Material You. Desain baru ini tentunya bisa menjadi kekuatan dalam bersaing dengan sistem operasi smartphone lainnya.

Sameer Samat, VP of Product Management dari Android dan Google mengatakan bahwa ini merupakan sebuah perubahan desain terbesar dalam sejarah sistem operasional Android. Hal ini dikarenakan dalam Android 12 terjadi banyak perubahan signifikan, desain lebih besar, dan lebih playful ketimbang versi-versi sebelumnya.

Baca juga Clubhouse di Android Akan Rilis Bulan Mei, Beneran?

Google mengatakan bahwa Android 12 akan diterapkan di semua produknya, mulai dari website, hardware, hingga smartphone. Meskipun ini adalah implementasi yang diciptakan oleh Google dan fokus untuk Google Pixel phone, bukan berarti sistem ini tidak bisa digunakan oleh smartphone lain.

Salah satu fitur yang terlihat paling berubah adalah saat kita ingin mengubah wallpaper. Dalam hal ini, kita juga akan memiliki opsi untuk mengubah warna sistem secara otomatis. Android 12 akan mengeluarkan warna dominan dan komplementer dari wallpaper yang kita pilih secara otomatis dan menerapkan warna tersebut ke tombol dan slider dan sejenisnya. Ini merupakan kemajuan yang luar biasa.

Tampilan Android 12 via Google
Tampilan Android 12 via Google

Baca juga Mahasiswa UB Ciptakan Aplikasi Terjemah dan Belajar Bahasa Isyarat Bagi Kaum Disabilitas

Perubahan juga terjadi pada lock screen yang memperlihatkan tampilan jam menjadi lebih besar. Warna pada jam tersebut juga akan menyesuaikan warna dari wallpaper yang kita pilih. Versi beta dari Android 12 sudah bisa dinikmati dibeberapa smartphone berikut adalah daftarnya:

* Pixel 3, Pixel 3 XL
* Pixel 3A, Pixel 3A XL
* Pixel 4, Pixel 4 XL
* Pixel 4A, Pixel 4A 5G
* Pixel 5
* Asus Zenfone 8
* OnePlus 9, OnePlus 9 Pro
* Oppo Find X3 Pro
* TCL 20 Pro 5G
* Vivo iQOO 7
* Xiaomi Mi 11, Mi 11 Ultra, Mi 11i, Mi 11X Pro
* ZTE Axon 30 Ultra 5G
* Beberapa model tertentu dar Sharp, Tecno dan Realme

Karena masih dirilis dalam versi beta, cara menginstal Android 12 juga sedikit berbeda. Kamu harus mengunjungi situs khusus di sini. Setelah itu, lakukan proses yang telah dijelaskan disana. Perlu diingat bahwa ukuran update cukup besar, sekitar 1,9GB. Sehingga, pastikan smartphone kamu memiliki memori yang cukup.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Daftar HP yang Dapat Android 12 Beta dan Cara Instalnya
[2] Android 12 preview: first look at Google’s radical new design

Related Articles