Aplikasi Digital dan GameDesain Komunikasi VisualDesain ProdukDigital KreatifIndustri KreatifInsightKabar Kreatif

Apple Akan Segera Produksi iPhone Flip, Benarkah?

Indiekraf.com – Kabar megenai Apple yang akan membuat iPhone Flip telah ramai dibicarakan dalam satu bulan terakhir. Rumor tentang desain smartphone lipat tersebut juga sudah beredar di internet. Namun, apakah benar itu adalah desain resmi dari Apple?

Ternyata, gambar desain iPhone Flip yang beredar di internet adalah karya dari seorang desainer grafis bernama Technizo Concept. Kemampuanya dalam bidang desain mampu merancang konsep smartphone lipat yang memukau. Desain tersebut didasarkan pada bocoran informasi terbaru tentang foldable, yang tampaknya diatur sesuai clamshell seperti Samsung Galaxy Z Flip dan Motorola Razr.

Baca juga Fitur Baru iPhone 12 Pro Memungkinan Tunanetra Bisa ‘Melihat’ Keadaan Sekitar

Apple iPhone Flip yang tampaknya sedang dikerjakan ini masih belum mendapatkan jadwal untuk dirilis tahun ini. Bahkan sepertinya masih belum ada kabar akan diilis pada tahun 2022 atau 2023. Hal ini masih menjadi perdebatan apakah model smartphone ini benar-benar akan dirilis atau tidak. Ini bisa menjadi masuk akal karena Apple jarang memimpin dalam hal kemampuan perangkat keras saat ini, biasanya mengikuti Android setelah beberapa tahun ketika teknologi yang dimaksud telah matang.

Jadi, mengingat ponsel lipat telah ada di pasaran sekarang selama beberapa tahun, maka tanggal rilis dalam satu atau dua tahun tampaknya masuk akal. Dalam hal apa yang dapat kita harapkan dari iPhone Flip? hampir tidak ada yang diketahui, meskipun konsep desain seperti di atas lebih condong ke desain clamshell daripada desain buku.

Baca juga Wow! Razer Ciptakan Masker Berteknologi Canggih

iPhone Flip di atas tampaknya didasarkan pada desain iPhone 12 dalam estetika eksterior secara keseluruhan. Akan tetapi, kita bisa lihat di sini ada lekukan yang lebih kecil di layar bagian dalam, serta layar kecil di bagian luar di samping jajaran kamera yang menunjukkan waktu dan pemberitahuan.

Semua hal dipertimbangkan, meski terlihat menarik dari sudut pandang teknologi, tampaknya cukup menakutkan dalam hal harga yang akan dibandrol untuk iPhone Flip tersebut. Seperti yang kita ketahui, harga ponsel lipat di Android telah turun sedikit selama beberapa tahun terakhir, tetapi harganya masih sangat tinggi dan, yah … Apple bukanlah merek yang murah. Jadi, akankah Apple akan merilis smartphone lipat? Kita hanya bisa menunggu.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Stunning iPhone Flip folding phone video puts Samsung Galaxy Z Flip 2 in the shade

Related Articles