KriyaPelaku KreatifSeni Rupa

Basoeki Abdullah: Maestro Seni Lukis Kebanggaan Indonesia

Indiekraf.com – Seiring dengan kemajuan zaman, saat ini telah muncul banyak generasi muda yang terjun pada dunia seni lukis. Meskipun telah mengalami banyak perkembangan, namun sosok seorang Basoeki Abdullah akan terus menjadi inspirasi bagi dunia seni lukis Indonesia.

Basoeki Abdullah
Sumber Gambar : museumbasoekiabdullah.or.id

Basoeki Abdullah: Maestro Seni Lukis Kebanggaan Indonesia

Tak heran jika sosok Basoeki Abdullah menjadi inspirasi dalam berkarya bagi para pelukis dan seniman yang ada di Indonesia. Lahir pada tanggal 27 Januari 1915, lulusan Academie Voor Beeldende Kunsten di Den Haag, Belanda tersebut merupakan seorang pendukung aliran realisme dan naturalisme. 

Dikutip dari Antara (via urbanasia.com), kurator seni Mikke Susanto menyampaikan bahwa Abdullah adalah sosok inspirasi untuk generasi muda. “Pak Abdullah banyak memberikan wacana dalam karya intelektualnya dalam bentuk lukisan. Bisa dibilang beliau seperti inspirasi bagi banyak pelukis hari ini atau banyak pemikir hari ini,” ujarnya.

Baca Juga Mengenal Dapoer Seni Tatik Simanjuntak, Kreasi Glass Painting Asal Sukun Kota Malang

Art Moments Jakarta Online: Pameran Seni Rupa Daring Tanah Air

Aspek Lain yang Tertuang Dalam Sebuah Karya

Basoeki Abdullah telah menciptakan karya seni lukis yang luar biasa, salah satunya adalah lukisan tokoh-tokoh terkenal seperti Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto. Koneksi yang Ia miliki juga sangat luas. Sifat santai dan netral yang dimiliki oleh Abdullah membuat dirinya mudah untuk berbaur dengan berbagai tokoh penting di dunia.

Setiap karya yang dibuatnya menunjukkan kecintaan beliau pada Tanah Air. Ini diperlihatkan dalam salah satu karya terkenalnya yang menggambarkan kepala negara yang berpartisipasi dalam Gerakan Non-Blok pada tahun 1992. “Setiap coretan lukisan Basoeki tidak hanya mengandung aspek seni, tetapi juga aspek budaya, sosial, dan politik,” tambah Mikke Susanto. Ia juga berharap setiap seniman muda dapat terinspirasi dari karya Adbullah dan dapat mengkomunikasikan pandangan mereka pada kehidupan modern sekarang.

Baca Juga SBY Melukis di Tengah PPKM, Ternyata Hasilnya Keren!

Enggan Menyerah Dalam Pandemi, Ibu Rumah Tangga Di Singosari Berkarya Melalui Masker Lukis

 Pemkot Malang Wadahi Kreatifitas Komunitas Seni Gambar Di Dinding Jembatan Kedungkandang

Related Articles