Acara KreatifDigital KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

Begini Cara Kecamatan Klojen Tingkatkan Kemampuan Digital Marketing UMKM di Wilayahnya

Indiekraf.com – Pemasaran secara online alias digital marketing, saat ini memang sudah menjadi kebutuhan di masyarakat, khususnya pelaku industri di beragam level, seperti halnya UMKM. Kesadaran atas hal itulah, yang membuat Kecamatan Sukun menggelar pelatihan pemasaran online yang diikuti para pelaku usaha dari wilayah Kecamatan Klojen Kota Malang, pada Rabu (28/09) di Kantor Kecamatan Klojen Jl Surabaya.

Hadir sebagai narasumber dalam workshop yang diikuti 30an pelaku usaha dan industri se Kecamatan Klojen tersebut adalah Content Manager Indiekraf.com Hino Kertapati. Dalam pemaparannya, Hino menyampaikan pentingnya para pelaku usaha untuk bisa memulai melakukan pemasaran secara online meskipun dalam model yang paling sederhana.

BACA JUGA:

“Menjual produk kita di online akan membuka peluang pasar yang lebih luas. Dengan kita semua juga sudah menggunakan ponsel pintar, maka memasarkan secara digital sudah sangat mungkin dilakukan. Apalagi pilihan sudah banyak, mulai media sosial hingga marketplace , semua bisa kita jangkau dengan mudah asal mau dan percaya diri. Pokok jangan takut salah,” ujar Hino kepada para peserta yang hadir.

Sementara dari pihak Kecamatan Klojen yang diwakili Kasi Pemberdayaan Masyarakat Suswati, bahwa Kecamatan Klojen sebenarnya memang punya potensi yang luar biasa dalam UMKM dan produk khas Malang, namun selama ini belum semuanya bisa dipasarkan secara digital. Sehingga memang perlu dilakukan pembinaan, guna bisa memberdayakan potensi yang ada.

“Pemasaran saat ini sudah tidak bisa lagi konvensional saja. Namun langkah – langkah pemasaran secara online juga sudah wajib dimiliki pemilik usaha. Oleh karena itu, Kecamatan Klojen merasa perlu untuk bisa mengoptimalisasi potensi UMKM melalui rangkaian pelatihan seperti hari ini. Harapannya ke depan, para pelaku usaha bisa menambah omzet dan pasarnya, melalui pemasaran digital ini,” ucapnya.

Related Articles