Digital Kreatif

CitizenHealth Disiapkan Kemenkes untuk Gantikan PeduliLindungi?

Indiekraf.com – Saat ini, Indonesia tampaknya sudah mulai bisa menangani kasus COVID-19 dengan cukup baik. Dengan berbagai upaya dan kerja keras, beberapa solusi hingga pencegahan sudah dilakukan pemerintah hingga masyarakat untuk bekerjasama menanggulangi virus berbahaya ini. Saat ini, Kementerian Kesehatan tampaknya tengah menyiapkan aplikasi CitizenHealth untuk menggantikan aplikasi Peduli Lindungi. Benarkah?

CitizenHealth Disiapkan Kemenkes untuk Gantikan PeduliLindungi?

Ternyata, menurunnya kasus COVID-19 di Tanah Air mendorong seluruh masyarakat untuk beralih ke fase kebiasaan baru. Hal ini juga yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan untuk mempersiapkan fase dari pandemi menuju endemi. Kabarnya, aplikasi yang kerap kita gunakan sehari-hari yaitu PeduliLindungi akan menemui ‘akhir’ dari masanya.

Kabar tersebut dilontarkan oleh Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan. Dirinya mengungkapkan bahwa kini mereka tengah mempersiapkan transisi ke masa endemi dan akan merilis aplikasi baru. Kemungkinan, aplikasi PeduliLindungi tak akan lagi kita butuhkan.

Bentuk Pengembangan dari PeduliLindungi

Sedang dalam persiapan, aplikasi CitizenHealth dinilai akan menjadi bentuk pengembangan dari aplikasi PeduliLindungi. Hal ini juga dikonfirmasi oleh Setiaji sebagai Chief of Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan. Dikutip dari Detik.com, ia menjelaskan bahwa aplikasi tersebut merupakan bentuk metamorfosis dari aplikasi sebelumnya. 

“Jadi PeduliLindungi akan bermetamorfosis setelah kemudian antigen tidak lagi dipakai di (misal) pesawat. Terus kemudian, nanti bagaimana nasib PeduliLindungi ini akan menjadi CitizenHealth App,” terang Setiaji. Nantinya, aplikasi ini akan jadi platform yang terintegrasi sebagai tempat penyimpanan data kesehatan yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia. Jika sesuai dengan targetnya, maka aplikasi ini akan bisa kita gunakan mulai dari Juni 2022 mendatang. Tak sedikit juga warganet yang penasaran sampai bertanya-tanya akan keberlanjutan aplikasi PeduliLindungi setelah nantinya digantikan oleh CitizenHealth. Semoga prosesnya selalu dilancarkan, ya!

Baca Juga PeduliLindungi Gak Dipakai Lagi untuk Naik Pesawat dan Kereta Api?

Alun Alun Surabaya Dibuka Kembali, Adakah Aturan Baru?

MentalHealing.id Sediakan Layanan Kesehatan Mental Saat Pandemi

Digelar Dengan Protokol Kesehatan, Festival Keramik Dinoyo Diharap Jadi Pemantik Ekonomi

Related Articles