Industri KreatifKabar Kreatif

Dengan Alat Ini, Motor Kamu Diklaim Bisa Hemat BBM Hingga 40%, Apa Itu?

Indiekraf.com – Siapa sangka, dengan menggunakan alat seperti cinicn ini bisa menghemat BBM motor kamu hingga 40%. Alat ini bernama Magic Ring yang ditemukan oleh Sumiyanto, seorang inventor yang berasal dari kabupaten Boyolali Jawa Tengah.

Dari pengalamanya sebagai seorang montir selama bertahun-tahun, Sumiyanto berhasil membuat alat yang bisa digunakan oleh semua motor untuk menghemat BBM. Magic RIng sebuah alat berupa cincin yang bisa digunakan semua jenis motor dan mampu menghemat konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Baca juga Javara Sulap Hasil Panen Petani Lokal Menjadi Produk Favorit di Luar Negeri

Gagasan awal pria dari Boyolali ini bermula saat melihat harga BBM yang terus naik. Sehingga, para produsen motor banyak yang berlomba-lomba untuk menciptakan kendaraan yang irit bahan bakar dengan teknologi terbaru. Dari situlah Ia mencoba untuk membuat sebuah inovasi yang terlihat sederhana, namun memiliki manfaat yang luar biasa.

Meski terlihat sederhana, alat ini memiliki cara kerja yang dangat detail. Magic ring akan bersinergi dengan kinerja mesin dengan cara memanfaatkan gas aktif di dalam knalpot untuk di feedback ke ruang pembakaran mesin. Saat mesin mengalami overlapping, magic ring memanfaatkan gas buang untuk dipadatkan sehingga performa langsung dirasakan. Kegunaan magic ring diantaranya dapat menghemat BBM motor hingga 40%, meningkatkan akselerasi motor sehingga menjadikan mesin motor lebih dingin.

Baca juga Kelas! Ini Dia Jajaran Bus Buatan Indonesia Yang Super Mewah

Melalui inovasinya, Sumiyanto berhasil mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya pada tahun 2016, Magic Ring mendapatkan hibah pendanaan dari program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) Kemenristek BRIN. Dengan mengikuti program tersebut, Sumiyanto mendapatkan berbagai macam pelatihan dan berhasil mendirikan sebuah perusahaan startup sendiri.

Setelah itu, pada tahun 2017 KemenristekBrin memberikan kesempatan untuk Startup Magic Ring mengikuti pelatihan Enterpreunership bertajuk “Leaders In Innovation Fellowships Programme” di London yang dilaksanakan oleh Royal Engineering (RaEng). Magic ring telah dipatenkan pada tahun 2011. Selain itu, alat ini juga telah lolos uji Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) BPPT pada tahun 2012.

Produk Magic Ring telah beredar luas di Indonesia dan bisa ditemukan di e-commerce online seperti tokopedia, shopee, bukalapak, forum jual beli di facebook, serta situs magic ring.

Penulis : Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Hemat BBM dengan Magic Ring

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button