Industri KreatifInsightKabar KreatifKulinerPelaku KreatifReview Startup

Javara Sulap Hasil Panen Petani Lokal Menjadi Produk Favorit di Luar Negeri

Indiekraf.com – Indonesia memiliki potensi pengembangan keanekaragaman hayati pangan yang sangat luar biasa. Dengan keanekaragaman tersebut, Indonesia dapat melahirkan banyak pengalaman kuliner baru yang exploratif. Melihat potensi tersebut, Founder Javara, Helianti Hilman, meninggalkan pekerjaannya sebagai konsultan untuk mendirikan PT. Kampung Kearifan Indonesia (Javara) pada tahun 2008.

Helianti Hilman adalah sosok yang sangat berpengaruh dalam perkembangan pangan lokal di Indonesia. Wanita yang merupakan lulusan dari King’s College London tersebut menggunakan pengalamanya sebagai konsultan untuk terus membantu memajukan ekonomi Indonesia, khususnya ekonomi pedesaan.

Baca juga Kabar Gembira! 5 Pemuda Indonesia Ini Masuk Dalam Daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2020

Helianti Hilman, Founder Javara (Foto via javara.co.id)
Helianti Hilman, Founder Javara (Foto via javara.co.id)

Perjuangan keras Helianti selama mendirikan Javara telah membuat Ia dikenal masyarakat sebagai promotor terdepan dalam melestarikan warisan keanekaragamaan hayati pangan Indonesia. Helianti juga telah mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya adalah Ernst & Young (EY) Indonesia award tahun 2013, dan ditunjuk oleh Forbes Indonesia sebagai One of Inspiring Women Honor Roll pada tahun 2014. Tak hanya itu, pada tahun 2016, Top 10 Asia menobatkannya sebagai salah satu Top Social Entrepreneur di Indonesia.

Javara adalah perusahaan yang memproduksi bahan pangan organik meliputi beras, tepung, bumbu dapur, minyak kelapa, gula kelapa, madu, dan berbagai macam camilan dengan kualitas premium. Saat ini, produk dari perusahaan pangan organik tersebut bisa ditemukan di berbagai toko dan supermarket di Indonesia. Produk mereka juga banyak digunakan oleh hotel, restoran, dan industri katering.

Produk - produk Javara (Foto via javara.co.id)
Produk – produk Javara (Foto via javara.co.id)

Baca juga Ngulik Bamboomedia, Bisnis IT Asal Indoensia yang Go International

Produk Javara juga sangat diminati oleh pasar internasional. Hingga saat ini, produk mereka telah diekspor ke lebih dari 25 negara di empat benua. PT. Kampung Kearifan Indonesia memiliki mitra yang tersebar di 24 daerah di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh hingga Wamena, Papua. Tak hanya bermitra dengan puluhan ribu petani Indonesia, Javara juga melakukan kerja sama dengan para nelayan, food artisans, hingga pemburu konvensional.

Saat ini, Javara telah mempersiapkan produk baru yaitu cireng superfood yang terbuat dari sagu papua dan bunga talang. Tak hanya itu, tim Sekolah Seniman Pangan, perusahaan yang juga didirikan oleh Helianti juga telah melakukan riset untuk membuat produk nugget superfood yang menggunakan bahan dasar sayuran padat nutrisi, seperti daun kelor dan bit.

Penulis : Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Helianti Hilman sebagai Pembuka Jalan Bagi Petani Lokal
[2] Javara: Our Journey

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button