Digital KreatifIndustri KreatifSharing Expert

Pengenalan Tentang Industri Kreatif – Bagian 1

Dibikin oleh : M. Ziaelfikar Albaba

Halo Sohib Indiekraf ..

Mengawali Segment “SHARING EXPERT” bareng Indiekraf.com , kali ini akan sharing informasi terkait dengan “DIGITAL CREATIVE INDUSTRIES LANDSCAPE” ..

Apa itu Industri Kreatif ? Apa itu Digital Kreatif ?

Pasti kata – kata diatas sudah tidak asing lagi di telinga kita , Yup .. Sekarang di Indonesia memang lagi Hype-hypenya istilah Industri kreatif, apalagi kalo soal digital .. Apalagi sejak Presiden mencanangkan industri kreatif sebagai salah satu industri / ekonomi yang diunggulkan di Indonesia sebagai alternatif industri – industri lain yang berbasis sumber daya mineral dan alam.

Nah apa sih keunggulan dari Industri Kreatif dibanding dengan industri yang lainnya ?

Jika kita ambil contoh, dari gambar diatas kita punya secuil kayu jati, kemudian kita coba jual mentah, pasti mungkin harganya murah, bahkan mungkin juga tidak ada harganya.  Kemudian kita jual sebagai bahan kayu bakar yang digunakan untuk memasak, bakar – bakar, dan lain sebagainya .. Nah, coba digunakan untuk industri, sebagai pallete kayu untuk penahan barang (biasanya digunakan untuk pengiriman barang elektronik yang ukurannya gede-gede), bisa jadi harganya bisa naik menjadi 20.000 – 30.000 Rupiah. Naaah .. kalo ditambahkan kreatifitas, salah satu contoh yang bisa digunakan yakni bisa digunakan sebagai bahan untuk jadi Stepler kayu, yang kalo dijual di pasar atau toko ATK, bisa jadi harganya bisa sampai Rp. 100.000 .. Bahkan , ada di Malang produsen asesoris di Malang menggunakan kayu untuk bahan bikin jam tangan dan kacamata kayu yang harganya bisa sampai 500.000 Rupiah.

Nah, berdasarkan contoh kasus diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa industri kreatif bisa menambah nilai dari sebuah benda / barang baik dari segi seni maupun dari harga jualnya.

Kenapa harus Industri Kreatif ? Apa sih hebatnya Industri / ekonomi Kreatif ?
Nah mungkin akan lebih jelas kalo kita paham dulu apa itu industri kreatif. Banyak sekali tafsiran terkait dengan industri / ekonomi kreatif, namun bisa disimpulkan bahwa :

Ekonomi Kreatif adalah Sebuah Bentuk ekonomi Baru yang menciptakan nilai ekonomi yang tinggi dengan ciri utama : berbasis Ide dan Kreatifitas, Berkembang karena pengetahuan (Misalnya warisan budaya) serta didukung oleh teknologi.

Nah, sudah paham kan ..
sekarang kenapa industri kreatif gencar-gencarnya digalakkan oleh pemerintah ?
salah “dua” faktornya adalah Industri Kreatif adalah industri yang tidak akan pernah mati selama masih ada kehidupan di muka bumi ini, beda halnya dengan sumber daya alam dan mineral yang pasti lambat laun akan segera habis dimakan oleh waktu serta exploitasi yang semakin menjadi-jadi. Selain itu Pemerintah memperkirakan bahwa Potensi Ekonomi Kreatif bisa tembus hingga 850 Trilliun Rupiah (Sumber : Metrotvnews.com).

Nah cukup dulu penjelasan awal terkait industri kreatif ..

di bagian selanjutnya akan kita share terkait dengan apa aja sektor industri kreatif dan contoh implementasinya di dunia industri terutama di digital kreatif.

Tunggu Sharing expert #2 yaa dengan materi dan mentor yang lainnya ..

Salam ,
M. Ziaelfikar Albaba

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close