Acara KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

Duh! IBL 2021 Tak Jadi Dilaksanakan: Kepentok PPKM Jawa-Bali

Indiekraf.com – Adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa – Bali membuat banyak industri mulai tegang. Bukan tanpa sebab, akan ada banyak industri di seluruh sektor yang harus ditunda atau diberhentikan karena kebijakan ini. Salah satu acara yang terhambat karena kebijakan dari Pemerintah Indonesia ini adalah kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) 2021.

Indonesian Basketball League (IBL) 2021 kini terpaksa batal terlaksana karena kebijakan yang diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia. Kebijakan ini menyusul kabar meningkatnya angka pasien COVID-19 di Tanah Air yang justru jauh meningkat dalam satu bulan terakhir.  Pemerintah pun akhirnya memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dengan nama lain yaitu PPKM. 

PPKM dinilai memiliki aturan yang lebih ketat, sehingga sejumlah kegiatan yang bisa menimbulkan keramaian semakin dibatasi dan terbilang akan sulit untuk diselenggarakan. Salah satunya adalah IBL 2021 ini. Kompetisi ini dirasa tak mungkin diselenggarakan dengan penonton yang sedikit, maka dari itu kompetisi IBL harus dibatalkan. IBL 2021 sendiri direncanakan akan dimulai tanggal 15 Januari mendatang. 

Baca Juga Sejarah Desain Trofi Premier League

5 Rekomendasi Distro Clothing Asli Malang, Yang Mana Favorit Umak?

IBL sendiri digadang akan memakai sistem bubble seperti layaknya NBA. Seluruh kegiatan pun rencananya akan dipusatkan pada Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara dan bahkan tanpa penonton! “Seluruh dukungan dan rekomendasi yang diperlukan dari pihak-pihak terkait telah manajemen IBL dapatkan sejak awal sehingga persiapan terus diupayakan hingga mencapai tahap akhir,” ujar pernyataan resmi IBL.

“Namun dengan perkembangan situasi yang ada, IBL dan tentunya Perbasi tetap perlu menaati keputusan pemerintah. Sehingga untuk rencana penyelenggaraan IBL 2021 perlu ditunda hingga perkembangan yang ada berikutnya.” terang pihak IBL dalam keterangan resmi tersebut. Dalam keterangan tersebut, IBL juga menyampaikan apresiasi mereka kepada seluruh klub, pemain, ofisial, staf yang telah melakukan persiapan secara maksimal dan menjalankan protokol kesehatan yang ketat serta juga kepada eluruh fans basket yang memberikan dukungan terbaiknya untuk bola basket Indonesia.

Hingga saat ini, operator kompetisi pun belum bisa memastikan jadwal baru dari kompetisi IBL, karena hal ini perlu menunggu perkembangan dari pemerintah pusat.

Related Articles