Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifInsightKabar Kreatif

Game Boy Ini Bisa Dimainkan Tanpa Baterai, Kok Bisa?

Indiekraf.com – Para peneliti berhasil membuat sebuah game boy yang bisa dimainkan tanpa menggunakan baterai. Berbeda dengan versi game boy klasih zaman dahulu, konsol game ini membutuhkan dua buah baterai agar bisa dimainkan.

Baca juga Gamers Wajib Tahu! Inilah 5 Game Terbaik Yang Dirilis Sepanjang 2020, Mana Yang Kamu Sudah Mainkan?

Versi konsol game klasik yang menggunakan baterai hanya bisa digunakan bermain Tetris atau game lainya selama 10 sampai 15 jam. Pada era tersebut, game boy versi klasik ini sudah berhasil memikat banyak penggemar untuk memainkanya. Melihat antusiasme para penggemarnya, para peneliti mencoba meningkatkan peforma konsol game klasik ini tanpa menghilangkan kesan klasiknya.

Tim peneliti dari Northwestern University di Illinois dan Delft University of Technology di Belanda telah mengembangkan Game Boy yang tidak menggunakan baterai sama sekali. Mereka menyebutnya dengan Engage Game Boy.

Engage mengganti sumber energi baterai dengan energi sinar matahari. Sebuah panel surya dipasang dibagian depan konsol yang nantinya akan digunakan sebagai sumber energi utama. Tak hanya itu, pada Engage juga meningkatkan teknologi tombol mereka. Jika para pemain menekan tombol ini berulang kali, maka tombol tersebut akan membantu menghasilkan energi tambahan.

Engage masih memiliki banyak kelemahan. Salah satunya adalah ketika cuaca mendung, kemungkinan besar konsol game ini tidak bisa digunakan secara maksimal. Akan terdapat sebuah gangguan dimana suara tidak dapat muncul dan waktu bermain yang sangat singkat. Oleh karena itu, masih butuh penelitian lebih lanjut untuk mencari solusi atas masalah tersebut.

Baca juga Mencapai 4 Miliar Perbulan, Ini Daftar Penghasilan 5 Youtuber Game di Indonesia

Meskipun begitu, Engage adalah sebuah konsep yang membuktikan bahwa konsol game tidak harus selalu menggunakan baterai. Tim perancang Engage telah memahami bahwa yang mereka buat adalah satu langkah yang penting dalam kemajuan teknologi konsol game. Dibutuhkan lebih banyak waktu dan penelitian untuk bisa membuat Nintendo Switch atau alat elektronik lainya yang tidak membutuhkan baterai.

Tim perancang Engage berencana untuk terus meningkatkan dan mencari inovasi baru untuk Game Boy mereka kedepanya. Salah satu hal yang paling ingin mereka lakukan adalah bisa menemukan cara untuk mengurangi gangguan daya listrik.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Researchers created a Game Boy that doesn’t need batteries

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button