Industri KreatifKabar KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

Geopark Maros-Pangkep akan Masuk UNESCO Global Geopark?

Indiekraf.com – Beberapa waktu lalu, salah satu lokasi wisata di Indonesia kembali mendapat sorotan dunia. Hal itu lantaran kesuksesan dari kawasan Belitung yang berhasil masuk ke UNESCO Global Geopark. Tak ingin puas sampai di situ, kabarnya Geopark Maros-Pangkep juga akan didaftarkan ke UNESCO Global Geopark. Benarkah?

Geopark Maros-Pangkep akan Masuk UNESCO Global Geopark?

Menyusul kesuksesan kawasan Belitung yang telah masuk ke dalam jajaran UNESCO Global Geopark, kini ada lagi nih wisata Indonesia yang ingin ‘menyusul’. Kabarnya, kini Geopark Maros-Pangkep tengah berusaha untuk menjalani proses pengajuan sebagai UNESCO Global Geopark. Jika sesuai dengan rencana, maka pada Juli 2021 mendatang akan ada asesor dari UNESCO yang hadir untuk menilai lokasi tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Pada Kamis (17/6) lalu, ia tengah meninjau pusat informasi Geologi di area Maros-Pangkep. Dirinya menyebutkan bahwa ia mendukung penuh adanya pengajuan Geopark Maros-Pangkep untuk masuk ke daftar UNESCO Global Geopark. 

Legitimasi dari UNESCO akan Berdampak dalam Pelestarian Geopark Maros-Pangkep

Saat ini pihak dari Geopark Maros-Pangkep tengah menyiapkan untuk tahap penilaian dari UNESCO terhadap situs mereka. Legitimasi dari pihak UNESCO memiliki pengaruh yang besar terhadap pelestarian situs ini. Keberlanjutan dari pelestarian situs ini memang sangatlah potensial sehingga perlu untuk diajukan ke UNESCO.

“Saya hari ini memberikan dukungan penuh terhadap Maros-Pangkep, geopark yang kita ajukan sebagai UNESCO Global Geopark,” kata Sandiaga. Hal ini dirasa menjadi suntikan semangat yang kuat bagi pihak Geopark Maros-Pangkep untuk menjadikan mereka bagian dari UNESCO Global Park.

Promosi Situs Maros-Pangkep untuk Menarik Minat Wisatawan

Selain masuk ke jajaran situs bergengsi, masuknya Maros-Pangkep ke UNESCO bisa menjadi salah satu media promosi. Dengan begitu, Maros-Pangkep bisa semakin dikenal wisatawan nusantara maupun dunia. “Berkaca dari kesuksesan Belitung yang mendapatkan UNESCO Global Geopark Park, ini kita harapkan juga bisa meningkatkan daya tarik wisata terutama dari segi kelestarian alam dan lingkungan, membuka lapangan kerja seluas-luasnya, menangkap kearifan lokal dan tentunya menjadikan Pangkep sebagai kabupaten yang mengalami pertumbuhan ekonomi lebih baik dan menyejahterakan masyarakatnya,” kata Sandiaga.

Baca Juga Geopark Belitung Berhasil Masuk UNESCO Global Geopark!

Related Articles