Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

Horeee! Google Masih Akan Gratiskan ‘Google Meet’ Sampai Tahun Depan

Indiekraf.com – Beberapa waktu lalu, Google sempat mengeluarkan pernyataan terkait dengan pembatasan panggilan video dengan layanan Google Meet. Namu, kabar baiknya ternyata pembatasan tersebut akan ditunda! Kira-kira sampai kapan ya pengguna Google Meet bisa melakukan akses ini secara gratis?

 

Menurut keterangan resminya, Google akan memperpanjang layanan panggilan video secara gratis hingga Maret 2021 kelak. Jadi, saat ini pengguna masih bisa menggunakan fitur panggilan video kapan saja dengan waktu yang tak terbatas dan secara gratis. Di awal tahun ini, penggunaan Google Meet memang meningkat drastis. Bukan tanpa sebab, ini berawal dari kebutuhan panggilan video yang tinggi akibat dari pandemi COVID-19 yang melanda dunia. Oleh sebab itu, layanan Google Meet diubah menjadi gratis dan tidak berbatas waktu panggilannya.

 

Tetapi, Google sempat mengatakan bahwa penggunaan Google Meet secara gratis tersebut tidak akan selamanya. Tak hanya itu, nantinya pengguna akan dibatasi akses panggilannya dengan hanya bisa melakukan panggilan video selama 60 menit. Awalnya Google akan melangsungkan hal tersebut mulai tanggal 1 Oktober ini. Bersamaan dengan pengumuman tersebut, Google juga akan melakukan pemberian akses ke fitur premium Hangouts Meet pada bulan Maret. Hal itu mencakup juga tentang panggilan video dengan partisipan hingga 250 orang serta kemampuan untuk menyimpan rekaman video panggilan ke Google Drive.

Baca Juga Membuat Landing Page Bisnis Pakai Carrd, Bisa Banget!

 

 

Lalu, mengapa hal tersebut ditunda? Dilansir dari 9to5google, pembatalan ini dilakukan oleh Google tepat tanggal 29 September 2020 lalu. Hal ini dikarenakan Google melihat situasi yang terjadi saat ini yang menyebabkan pembatasan pergerakan dari masyarakat akibat COVID-19. “Saat kami menanti musim liburan dengan sedikit perjalanan dan pencapaian penting seperti reuni keluarga, rapat, dan pernikahan yang diselenggarakan melalui video, kami ingin terus membantu mereka yang mengandalkan Meet untuk tetap berhubungan selama beberapa bulan mendatang,” kata Manajer Produk Google Meet, Samir Pradhan.

Hingga saat ini pun Google masih terus memperbarui Google Meet agar bisa kompetitif dengan layanan panggilan video lainnya. Google Meet sendiri sekarang telah hadir dengan fitur share screen atau menampilkan video. Selain itu, panggilan video bisa dilakukan oleh 49 orang.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button