ArsitekturDesain InteriorIndustri KreatifInsightKabar Kreatif

Kagum! Inilah Karya Pemenang Sayembara Arsitektur 2020

Indiekraf.com – Pemenang lomba sayembara LIXIL Architectural Design Competition telah resmi diumumkan pada awal bulan September. Sayembara Arsitektur pada tahun ini mengangkat tema Light and Shadow in Low Rise Apartment. Dalam sayembara tersebut dapat terlihat bahwa kualitas karya arsitektur Indonesia terus meningkat.

Sayembara ini diadakan oleh Lixil American Standard yang bekerja sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Nasional. Sesuai dengan temanya, seluruh peserta ditantang untuk melakukan eksplorasi desain tipologi hunian vertikal yang saat ini sedang diminati oleh masyarakat. Tak hanya itu, para peserta juga ditantang untuk memaksimalkan pemanfaatan cahaya alami pada hunian vertikal, mengingat aspek ini masih jarang dipertimbangkan dalam proyek nyata.

Baca juga Ingin Suasana Rumah atau Kantor Kamu Lebih Segar? Green Wall Art Solusinya!

Bangunan di rancang menggunakan tema “light and shadow in architecture” dimana, pembentukan desain bangunannya (elemen pembentuknya) melibatkan efek pencahayaan baik alami maupun buatan. Hal ini akan membuat “cahaya dan bayangan“ dapat memperkaya desain bangunan tersebut.

Terdapat 2 kategori dalam sayembara ini yaitu kategori mahasiswa dan kategori profesional. Dalam kategori mahasiswa dimenangkan oleh Ahmad Zabel F. dengan judul karya Shades of Brown. Sedangkan untuk kategori profesional dimenangkan oleh Richo Wirawan dengan judul karya Terawang.

Karya Terawang oleh Richo Wirawan ©Lixil Indonesia (Foto via www.archify.com)
Karya Terawang oleh Richo Wirawan ©Lixil Indonesia (Foto via www.archify.com)

Baca juga Tantangan Mahasiswa Arsitektur dan Desain untuk berkompetisi di era MEA

Adapun juri pada sayembara tersebut terdiri dari Arsitek M. Archica Danisworo, Arsitek Ary Indra, dan perwakilan dari Lixil, Kharisma N. Maulida. Dikutip dari archify.com, Archica mengatakan bahwa juri menilai dari cara para peserta mengolah denah masterplan dan lingkungan. Selain itu, para juri juga memperhatikan unsur cahaya alami dan permainan bayangan pada desain bangunan yang dibuat. Archica juga mengatakan bahwa karya yang masuk pada tahun ini memiliki standar yang cukup tinggi.

“Ini menandakan adanya peningkatan kemampuan arsitek muda dan mahasiswa arsitektur di Indonesia.” ujarnya.

Karya Shades of Brown oleh Ahmad Zabel F. ©Lixil Indonesia (Foto via www.archify.com)
Karya Shades of Brown oleh Ahmad Zabel F. ©Lixil Indonesia (Foto via www.archify.com)

Lixil American Standard sebagai pihak penyelenggara berharap bisa berkontribusi untuk kemajuan arsitektur di Indonesia, khususnya yang bergerak dalam bidang profesi arsitek dan pendidikan arsitektur. Melalui sayembara ini, para arsitek atau mahasiswa bisa menggunakan acara tersebut sebagai arena kompetisi dan pembelajaran desain mengenai arsitektur.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Sayembara Arsitektur 2020 Light and Shadow in Low Rise Apartment
[2] Pemenang Sayembara Lixil Diumumkan, “Standar Karya Sayembara Arsitektur di Indonesia Terus Meningkat”

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button