Industri KreatifKuliner

Keren Mahasiswa Kampus di Malang Ubah Tanaman Porang Jadi Biskuit Anti Mual Bagi Ibu Hamil

Indiekraf.com-Di tangan lima mahasiswa Universitas Brawijaya yakni M Ahmad Talkhis, Nabila Alya Anastasya, Farida Luthfiya Azizah, Fatih Meru Samudera dan Vio Awan Nur Hidayat, tanaman porang berhasil mereka ubah menjadi biskuit sehat dan anti mual bagi ibu hamil.

Dipilihnya tanaman porang yang merupakan salah satu komoditas pertanian dengan kadar glukomanan yang tinggi ini nyatanya  sangat bermanfaat untuk mengurangi stress/ dan menunda rasa kenyang.

M Akhmad Talkhis mengatakan kandungan senyawa polisakarida pada amora pregnancy biskuit menjadi sumber energi jangka panjang dan menengah,  sehingga produk ini dapat mengurangi rasa mual dan muntah agar tidak terjadi hiperemesis gravidarum.

Sehingga, dengan memgkonsumsi Amora Pregnancy biskuit ini ibu hamil bisa terhindar dari dehidrasi yang membahayakan ibu dan juga janin yang dikandungnya.

Amora Pregnancy biskuit karya mahasiswa Brawijaya

Baca juga:

Selain dibuat menjadi biskuit berbahan baku porang ini, harapannya dapat meningkatkan harga jual dan membantu pemerintah dalam menggali lebih jauh manfaat porang.

“Kalau ditelusuri, manfaat porang ini sangat kaya, yakni mengandung glukomanan sebagai turunan dari karbohidrat yang bisa menurunkan asam lambung. Asam lambung ini kalau naik bisa menimbulkan mual, nah efek ini biasanya terjadi pada ibu hamil, dasar itulah yang membuat kami membuat biskuit ini,” kata M. Akhmad Talkhis ketua tim.

Amora Pregnancy biskuit ini merupakan inovasi program kreativitas mahasiswa atau pkm dari Dirjen pembelajaran dan kemahasiswaan Kemenristek Dikti Republik indonesia.

Bahkan hasil karya dari 5 mahasiswa ini berhasil mendapatkan medali perak pada ajang Korean International Women’s Insvention Exposition 2021Korea Selatan.

Related Articles