Industri Kreatif

Kereta Tanpa Masinis Pertama Ternyata Ada Di Jerman Lho

Indiekraf.com-Dunia teknologi makin hari makin canggih saja, jika ada mobil bisa dikendalikan secara robotik, nyatanya yang paling terkini adalah kereta bisa bergerak tanpa dikendalikan oleh masinis alias tanpa pengemudi.

Kereta tersebut baru saja diluncurkan di negara Jerman pada Senin (11/10/21). Adalah perusahaan kereta api Jerman, Deutsche Bahn yang bekerja sama dengan raksasa elektronik Siemens yang  telah menyelesaikan mega proyek ini.

Peluncuran kereta api tanpa pengemudi  tersebut dilakukan di Hamburg, dan pihak perusahaan mengklaim kereta tersebut lebih tepat waktu dan hemat energi dibandingkan dengan kereta yang digerakkan manusia.

Melansir dari AFP,, perusahaan kereta api Jerman bakal menjalankan 4 kereta api tanpa masinis itu di jaringan kereta cepat perkotaan S-Bahn dan akan memulai mengangkut penumpang mulai Desember mendatang.

Baca juga:

Kabarnya, proyek besar yang dijalankan oleh dua perusahaan tersbeut bernilai 60 juta Euro atau sekitar  983 Milyar rupiah. Peluncuran kereta api tanpa pengemudi ini diluncurkan untuk modernisasi sistem kereta cepat di perkotaan Hamburg.

CEO Deutsche Bahn Richard Lutz mengatakan, kereta otomatis ini akan menawarkan layanan yang lebih andal tanpa perlu meletakkan bahkan satu kilometer jalur baru, meningkatkan efisiensi tanpa menambahkan terlalu banyak biaya .

“Kami membuat transportasi kereta api lebih cerdas, memperkirakan bahwa kereta otomatis dapat mengangkut hingga 30 persen lebih banyak penumpang, secara signifikan meningkatkan ketepatan waktu dan menghemat lebih dari 30 persen energi,” kata CEO Siemens Roland Busch.

Related Articles