fbpx
Acara KreatifDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifMusikPelaku KreatifSeni Pertunjukan

Lagi lagi! Jakarta Youth Choir Berhasil Sabet Penghargaan Internasional

Indiekraf.com – Kabar baik datang dari dunia seni Tanah Air. Tim paduan suara asal kota Jakarta, Jakarta Youth Choir (JYC) telah berhasil mendapat prestasi membanggakan. Mereka kini sukses menyabet berbagai penghargaan di ajang Consorco Corale Internazionale Roma 2020. 

Tak hanya terkenal sebagai paduan suara yang keren di dalam negeri, penghargaan yang JYC dapatkan ini membuktikan bahwa mereka berhasil mengharumkan nama bangsa bahkan sampai ke luar negeri. Kira-kira penghargaan apa saja yang mereka dapatkan?

Empat Medali Emas, Runner Up sampai Grand Prix Winner

Dalam ajang ini, JYC berhasil membawa 4 medali emas dari 6 kategori yang diikuti. Beberapa kategori di dalamnya antara lain Music Male Choir, Polyphonic, Choreographic Folklore, Tradizional Music dan Pop-Modern-World Fusion. Untuk kategori Polyphonic Mixed Choir & Ensemble dan Polyphonic Music Youth Choir, tim paduan suara ini sukses meraih peringkat 2nd Runner Up dan Runner Up. Ternyata kebanggaan ini tak berhenti disitu, JYC juga mendapatkan kategori utama Grand Prix Winner. 

Persaingan yang Ketat dalam Ajang Consorco Corale Internazionale Roma 2020 

Consorco Corale Internazionale Roma 2020 sendiri merupakan kompetisi yang diikuti sekitar 40 tim paduan suara. Paduan suara yang datang pun tak hanya datang dari satu atau dua negara tetapi dari total 14 negara. Ajang ini sukses digelar pada 19 dan 20 Desember 2020 kemarin. Mengingat keadaan yang masih belum memungkinkan untuk diselenggarakan secara langsung, acara ini akhirnya dilangsungkan secara virtual.

Pandemi Tak Menyurutkan Semangat Berkarya

Ponirin Ariadi Limbong selaku Founder dan Pembina dari Jakarta Youth Choir memberikan keterangannya. Ia pun mengakui bahwa pandemi COVID-19 ini tak menjadi alasan untuk tim paduan suaranya menjadi tak bersemangat. “Seharusnya tahun ini JYC diundang ikut World Choir Games di Belgia, tapi karena pandemi kompetisi itu diundur sampai tahun depan. Meski begitu pandemi ini nggak menyurutkan JYC untuk menang di kompetisi paduan suara bergengsi ini,” terang Ponirin.

Baca Juga  Baru! Isyana Bikin Label Musik Sendiri

Jakarta Youth Choir ini ternyata merupakan Paduan suara binaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi DKI Jakarta. JYC pun dilatih dan di Konduktori oleh Septo Adi Kristanto Simanjuntak. Sebelumnya, JYC sudah pernah mendapatkan seabrek penghargaan di ajang The XVII International Choir Festival and Competition of Sacred Music dan ‘Cantate Domino’.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button