Acara KreatifAplikasi Digital dan GameIndustri KreatifInsightMbois MediaOpini Kreatif

Manfaat SEO Untuk Memasarkan Produk Kamu Secara Online

Indiekraf.com – Manfaat SEO untuk membantu mearketing online sangat diperlukan. Dengan mengoptimalkan SEO, produk atau bisnis kita akan lebih mudah ditemukan oleh masyarakat di internet.

Untuk membahas mengenai manfaat SEO pada marketing online, DILo Malang menggelar event #NgalamTalks08 dengan tema “WHY SEO MATTER FOR BUSINESS”. Event tersebut menghadirkan Dwiyan Kurniawan, COO CMLABS⁣ sebagai pemateri utama.

Baca juga Apa Perbedaan SEO dan SEM? Ini Dia Jawabannya!

Persaingan bisnis di era digital seperti sekarang menjadi semakin ketat. Setiap perusahaan atau UKM sudah tidak dapat mengandalkan marketing secara offline saja, namun juga harus memperhatikan marketing secara online. Manfaat SEO disini akan membantu memaksimalkan hasil dari marketing online pada bisnis kita.

“Marketing itu jadi poin penting dalam sebuah bisnis. Channel marketing ada dua, online dan offline. SEO termasuk yang online termasuk PPC/SEM, Email Marketing, Social Media Marketing, dsb,” ujar Dwi. Namun, Dwi menyayangkan jika masih sedikit dari kita yang mampu mendapatkan manfaat SEO.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan saat melakukan marketing secara online adalah membuat sebuah website. Pada umumnya, kita hanya memperhatikan bagian tampilan agar website bisnis kita terlihat bagus dan profesional. Namun ternyata, itu semua belum cukup untuk membuat website kita masuk di halaman utama Google.

“Sebuah website itu tidak cukup kalau tidak kita optimasi, akhirnya tidak ada yang datang ke website kita,” ucap Dwi. Memiliki tampilan website yang bagus bukan menjadi garansi website kita akan bisa masuk di page one Google. “Akhirnya kita butuh SEO agar website kita bisa mendapatkan tempat yang bagus di Google atau search engine,” tambahnya.

Baca juga Tips Menyusun Artikel SEO di Saat Pandemi Covid19

Dengan mengoptimalkan SEO akan membantu website kita ditemukan dengan mudah oleh masyarakat melalui search engine seperti Google. Dalam hal ini algoritma Google akan mencoba untuk menampilkan website yang paling relevan bagi orang yang ingin mencari informasi di internet. Jika website kita terus mengoptimalkan SEO dengan baik, maka besar kemungkinan Google akan menampilkan website kita di halaman utama.

Manfaat SEO bagi website kita antara lain adalah dapat membantu mendapatkan pengunjung secara organik, meningkatkan pangsa pasar secara organik, mengoptimalkan konten marketing, dsb. Oleh karena itu, kamu perlu untuk mengoptimalkan SEO pada website bisnis atau produk kamu agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Related Articles