Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri Kreatif

Mengenal Beda Quick Commerce dengan E-Commerce

Indiekraf.com – Dahulu hanya dalam angan – angan saja, untuk bisa berbelanja suatu produk dan dikirimkan ke rumah mu hanya dalam waktu satu jam. Namun hari  – hari ini konsep tersebut sudah terwujud dan bisa kamu lakukan.

Permintaan untuk mengirim belanjaan dengan cepat ini, telah membuat domain baru dalam industri startup yang disebut dengan quick commerce atau biasa disingkat sebagai q-commerce. Seperti dilansir dari cnbc.com, bisnis q-commerce ini pun sudah mulai melanda Tanah Air.

Beberapa startup q-commerce yang mulai lahir dan menapakkan jejak bisnisnya di Indonesia, antara lain Allo Fresh, Astro serta Banana.

Namun sebenarnya, apa sih beda quick commerce dengan e-commerce yang sudah lebih dahulu eksis?

Quick commerce merupakan niaga cepat. Yang merupakan sub bisnis dari e-commerce, yang difokuskan pada pengiriman barang sesuai dengan permintaan konsumen, yaitu dalam waktu singkat. Q-commerce menjanjikan pengiriman barang yang dibeli dalam lini masa yang cepat. Maksimal dalam satu jam setelah order barang sudah bisa diterima pelanggan.

Sehingga, bisnis model quick commerce, merupakan penggabungan seluruh manfaat dari e-commerce (berbelanja daring) serta belanja tradisional (transaksi selesai dalam hitungan menit), demi bisa menciptakan model bisnis baru, seperti disadur CNBC Indonesia dari Feedough.

Baca juga:

Ciri Khas Quick Commerce

Dalam model bisnis nya, yang jadi pembeda quick commerce dengan bisnis model yang lain adalah beragam fitur seperti berikut ini:

– Waktu pengiriman singkat

Fokus utama quick commerce adalah menyediakan pengiriman secepat mungkin, biasanya menargetkan kurang dari 1 jam waktu pengiriman. Beberapa platform quick commerce bahkan menjanjikan barang tiba hanya 15 menit setelah order.

– Kenyamanan

Kenyamanan adalah fitur terpenting dalam quick commerce. Dengan menawarkan cara memesan menggunakan aplikasi, pengguna bisa memesan barang dari mana saja dan kapan saja.

– Pengiriman 24 jam

Quick commerce memberi pelanggan pilihan untuk menerima pesanan mereka kapan saja sesuai dengan keinginan mereka. Penyedia layanan quick commerce biasanya tidak menetapkan jendela waktu pengiriman tertentu, seperti yang diterapkan oleh perusahaan e-grocery.

– Keandalan

Para pelanggan yakin akan pengiriman dan kualitas barang yang dikirimkan.

– Harga lebih murah

Perusahaan quick commerce sering membeli stok barang dagangan dalam jumlah besar. Artinya hal ini mengurangi biaya rata-rata setiap produk dan memungkinkan mereka menawarkan diskon yang lebih besar.

– Pelacakan pesanan

Pelacakan pesanan adalah fitur lain dari quick commerce yang memungkinkan pelanggan memonitor proses pengiriman barang yang mereka pesan.

– Toko serba ada

Perusahaan quick commerce biasanya mengembangkan aplikasi mereka tempat pengguna dapat memesan lebih banyak kategori produk hanya dari satu platform.

 

Related Articles