Film Animasi dan VideoIndustri KreatifKabar Kreatif

Mengintip Kisah Bu Tejo dan Kawan-Kawan di film Tilik

Indiekraf.com – Siapa yang tak tahu nama ‘ Bu Tejo’? Nama ini belakangan menjadi viral bahkan sampai masuk trending topic di jejaring sosial Twitter. Meskipun nama ini adalah nama yang cukup ‘pasaran’,  seorang Bu Tejo yang sedang banyak dibicarakan ternyata adalah pemeran utama dalam film bertajuk “Tilik”.

Tilik sendiri merupakan film karya dari Ravacana Films. Karya ini diunggah pada platform YouTube pada 17 Agustus 2020 lalu. Pada kolom deskripsi video tersebut, terdapat penjelasan mengenai proyek film tersebut. “Ravacana Films bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY mempersembahkan sebuah film pendek berjudul Tilik.” Film ini diketahui sudah diproduksi sejak dua tahun lalu, yaitu tahun 2018.

Karya film ini cukup singkat karena hanya berdurasi sekitar 32 menit. Tilik sendiri merupakan kata dari bahasa Jawa, yang memiliki arti yaitu menjenguk orang yang sedang sakit. Isi dari film ini pun sangat menarik karena benar – benar mengangkat arti kata Tilik yang sebenarnya. Dalam ceritanya, terdapat sebuah rombongan ibu-ibu yang sedang melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan truk. Ibu-ibu ini ternyata sedang menuju rumah sakit untuk menjenguk Ibu Lurah. 

Baca Juga Handbook Pariwisata dari Kemenparekraf Segera Terbit

Film ini menjadi begitu menarik karena ceritanya yang sangat dekat dengan kehidupan ‘emak-emak ‘ sehari-hari. Bu Tejo yang tampaknya menjadi pemeran utama dalam cerita ini pun memiliki karakter yang cukup kuat. Sosoknya yang ceplas ceplos dan senang bergunjing membuat para pemain lainnya tampak tergiring dalam opini Bu Tejo. Lawan main dalam cerita ini seperti Yu Ning dan Yu Sam turut meramaikan cerita dengan pro dan kontra terhadap ocehan Bu Tejo. Celoteh dari rombongan ibu-ibu yang melakukan perjalanan dengan truk ini dipenuhi tawa dan emosi. Bahkan, di akhir ceritanya pun terdapat twist cerita yang cukup mengejutkan penonton.

Karya film pendek ini tak hanya menawarkan cerita yang apik, tapi juga telah menuai beberapa prestasi lho. Tilik telah berhasil menyabet Winner Piala Maya 2018 sebagai Film pendek Terpilih. Tak hanya itu, Tilik juga berhasil menjadi Official Selection Jogja dari Netpac Asian Film Festival 2018 dan Official Selection World Cinema Amsterdam 2019. 

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button