Digital KreatifKabar Kreatif

Meta PHK Karyawan, Ini Alasan Di Baliknya!

Indiekraf.com – Salah satu platform teknologi terbesar di dunia, Meta, memberikan kabar kurang menyenangkan. Mereka dikabarkan akan menerapkan lay off atau pemutusan hubungan kerja untuk karyawannya. Kira-kira apakah alasan di balik Meta PHK karyawan? Berikut ini cerita selengkapnya!

 

Meta PHK Karyawan, Ini Alasan Di Baliknya!

 

Meta PHK Karyawan, Ini Alasan Di Baliknya!
Sumber : Facebook.com

 

Beberapa waktu belakangan kita banyak mendengar kejadian pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terjadi di beberapa perusahaan. Tak hanya terjadi di Indonesia, ternyata hal ini juga terjadi di perusahaan besar sekelas Meta lho. Perusahaan platform teknologi terbesar itu pun mengumumkan bahwa mereka akan memberhentikan karyawan dalam jumlah yang cukup besar. Perusahaan induk dari Facebook itupun memberikan kabar tersebut pada 09 November 2022 lalu.

 

Kejadian ini dianggap memiliki alasan yang tak jauh berbeda dengan perusahaan lainnya yang melakukan PHK. Meta PHK karyawan dalam jumlah besar ini dianggap karena sulitnya persaingan di masa sekarang. Dikutip dari Reuters, perusahaan tersebut kini tengah bergelut untuk melawan perlambatan pertumbuhan ekonomi global. Kabarnya pun mereka juga tengah berupaya untuk bisa tetap bersaing dengan platform yang tengah naik daun yaitu TikTok.

 

Pengurangan Karyawan dalam Jumlah Besar

Mark Zuckerberg, CEO Meta, sebelumnya pernah memberikan harapan besar pada investasinya di metaverse. Akan tetapi, hal tersebut tidak berujung manis. Hal tersebut mendorongnya dan perusahaan untuk terus fokus pada pertumbuhan prioritas mereka. “Pada 2023, kami akan memfokuskan investasi pada sejumlah kecil area pertumbuhan prioritas tinggi. Jadi itu berarti beberapa tim akan tumbuh secara signifikan, tetapi sebagian besar tim lain akan tetap datar atau menyusut selama tahun depan,” jelasnya.

 

Kabar Meta PHK karyawan ini pun sudah santer terdengar sejak bulan Juni 2022 lalu. Mereka bahkan menunda adanya rencana untuk merekrut lebih banyak insinyur untuk bergabung ke perusahaan. Selain itu, dikutip dari CNBC Internasional, PHK massal bagi karyawan ini akan menjadi sejarah pengurangan karyawan paling besar dari Meta. Setidaknya ada 87 ribu karyawan yang tergabung di Meta hingga September 2022 lalu. 

 

Baca Juga Facebook Reels Diluncurkan Meta, Beda dengan Instagram Reels?

BTS x GoFood Viral, Akankah Tarik Lebih Banyak Pengguna?

 

Related Articles