Acara KreatifDigital KreatifIndustri KreatifOpini KreatifTips Kreatif

Tips Sukses Jualan untuk Pengusaha Masa Kini!

Indiekraf.com – Di masa sekarang, tak sedikit orang yang ingin mencoba peruntungan dalam hal berbisnis. Meski terlihat menyenangkan, berbisnis bukanlah hal yang mudah. Menggunakan strategi yang tepat untuk memasarkan sebuah produk menjadi kunci yang perlu diketahui oleh semua pelaku usaha. Seperti apa tips sukses jualan yang perlu kamu tahu sebagai pengusaha? Simak artikel berikut ini, yuk!



Acara Bergengsi untuk Pengusaha Masa Kini

Menjadi pelaku usaha saat ini memerlukan banyak bekal. Bukan hanya modal keberanian saja, penting bagi pelaku usaha untuk menerapkan strategi agar penjualan mereka bisa stabil. Meskipun produk yang diperjualbelikan memiliki nilai yang sangat tinggi, hal itu tidak serta merta membuat sebuah usaha bisa langsung laku.

 

Tips sukses jualan
Sumber : Dokumentasi Inspirational Talk Upgrading Communication & Pitching for Creative Economic Actor

Hal ini pun dibahas dalam acara Inspirational Talk Upgrading Communication & Pitching for Creative Economic Actor pada 11 November 2022 lalu. Acara tersebut diselenggarakan oleh Disporapar Kota Malang di SAM Space Gajayana, Malang. M Zielfikar, founder dari INDIEKRAF, turut menjadi pembicara dalam event tersebut. Dirinya menyebutkan beberapa tips sukses jualan yang perlu diperhatikan oleh pengusaha masa kini.

 

Tips Sukses Jualan yang Ampuh

Dalam kesempatan tersebut, M Zielfikar membeberkan empat poin penting untuk menjual sebuah produk. Hal itu antara lain latar belakang usaha, segmen pasar, komunikasi dengan segmen pasar, hingga evaluasi. Latar belakang usaha yang dimaksud adalah pemahaman penjual terhadap produk yang dipasarkan. Selain itu, perlu juga mengetahui segmen pasar yang akan dibidik meliputi demografis, geografis sampai perilaku konsumen. “Misalkan Misalkan produk yang dijual cepat basi atau fresh, tidak perlu menjual produk hingga luar kota atau luar provinsi. Cukup memaksimalkan pasar di dekat kita. Jangan membidik segmen terlalu jauh. Pertimbangkan juga usia dan jenis kelamin,” jelasnya.

 

Cara selanjutnya adalah dengan menentukan komunikasi yang tepat bagi segmen pasar kita. Hal ini penting karena setiap segmen punya karakter komunikasi yang berbeda. Cara terakhir adalah dengan melakukan evaluasi. “Terakhir, evaluasi dan evaluasi. Apakah langkah-langkah yang sudah kita lakukan benar dan tepat. Kalau masih belum, bisa kita perbaiki. Begitu seterusnya,” terang Fikar.

 

Bukan hanya Zielfikar, ada pula beberapa narasumber keren yang turut mengisi acara tersebut. Beberapa di antaranya adalah Dedy Marquies, Azelia Trifiana hingga Arif Bawono Surya. 

 

Baca Juga Indosat Ooredoo Hutchinson Jadi Perusahaan Telekomunikasi Terbesar Kedua di Indonesia!

Konser NCT 127 di Jakarta Berjalan Aman, Member Pastikan Akan Kembali!

Tips Produktif dan Kreatif Saat Work From Home

Related Articles