Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifInsightKabar Kreatif

Microsoft Berencana Akuisisi Discord, Benarkah?

Indiekraf.com – Pada akhir bulan Maret ini, dikabarkan Microsoft telah berusaha untuk mengakuisisi salah satu aplikasi obrolan yang berfokus pada gim yaitu Discord. Nilai yang ditawarkan pun cukup besar yaitu lebih dari 10 miliar dolar Amerika Serikat. Jika dirupiahkan, angka tersebut bisa mencapai 144 triliun rupiah!

Informasi ini dilaporkan oleh Bloomberg News yang mengutip dari beberapa sumber lain yang mengetahui rencana tersebut. Dalam hal ini, Kepala Xbox, Phil Spencer dikatakan sedang berbicara dengan pihak Discord tentang kesepakatan potensial yang bisa dilakukan kedepanya.

Baca juga Facebook Rilis Aplikasi Baru Bernama Collab, Saingi TikTok?

Bloomberg juga melaporkan jika pada saat ini, Discord masih berkomunikasi dengan sejumlah perusahaan besar untuk melakukan akuisisi, salah satunya adalah Microsoft. Bloomberg menyebutkan bahwa perusahaan Epic Games dan Amazon adalah perusahaan yang juga ingin melakukan kerjasama dengan Discord.

Discord saat ini telah memiliki sekitar 140 juta pengguna bulanan aktif. Dengan jumlah pengguna yang cukup banyak tersebut, mereka mampu menghasilkan pendapatan hingga 130 juta dolar Amerika Serikat pada tahun 2020. The Wall Street Journal baru-baru ini melaporkan bahwa perusahaan tersebut masih belum mendapatkan profit. Namun, penilaian terakhir mereka menyebutkan bahwa perusahaan tersebut sudah memiliki nilai sekitar $7 miliar setelah putaran pendanaan pada bulan Desember menghasilkan $100 juta.

Baca juga Sony, Microsoft, dan Nintendo Pilih Bersatu Lindungi Para Gamers Online

Discord merupakan satu aplikasi obrolan yang berfokus pada gim. Aplikasi ini bisa diunduh dan digunakan secara gratis untuk sebagian besar pengguna di dunia. Meskipun disediakan secara gratis perusahaan tersebut mampu menghasilkan uang melalui langganan Nitro bulanan sebesar $9,99 yang menawarkan fitur yang lebih canggih. Adapun fitur yang disediakan pada pilihan berbayar ini seperti berbagi layar dengan resolusi lebih tinggi, paket stiker tambahan, dan batas unggahan yang lebih besar.

Microsoft dikabarkan telah serius untuk mengembangkan bisnis ke dunia media sosial. Sebelum ingin mengakuisisi Discord, perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates tersebut sudah mencoba untuk mengakuisisi TikTok. Namun, rencana tersebut harus kandas akibat adanya isu yang ada pada aplikasi TikTok terhadap Amerika Serikat.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Microsoft in talks with Discord over $10 billion-plus acquisition: report

Related Articles