Digital KreatifIndustri Kreatif

Octopus Startup Hamish Daud Dkk Dapat Pendanaan 74M!

Indiekraf.com – Meski banyak diterjang berita kurang mengenakkan belakangan ini, dunia startup ternyata tetaplah ‘jaya’ lho. Salah satu kabar baik datang dari perusahaan rintisan yang berkecimpung di dunia daur ulang sampah. Octopus Startup Hamish Daud ternyata mendapatkan kucuran dana hingga Rp74 M guys!




Octopus Startup Hamish Daud Dkk Dapat Pendanaan 74M!

Kalau kamu adalah salah satu penggiat startup, pastinya sudah gak asing lagi dengan nama ‘Octopus’ ya. Octopus startup Hamish Daud dan keempat kawannya ini berhasil mendapatkan pendanaan, guys! Startup yang berada di bidang daur ulang sampah ini ternyata berhasil mendapatkan ‘kucuran’ dana dari para investor yang dipimpin Openspace dan SOSV. Tak tanggung-tanggung, dana yang mereka investasikan bahkan mencapai US$5 juta atau sekitar Rp74,8 miliar.

Tentunya, dana yang diinvestasikan ke startup tersebut akan dimanfaatkan untuk kebutuhan yang mampu memperkuat layanan di platform Octopus. Target dari pihak mereka adalah untuk ‘mengajak’ 100 ribu pengumpul sampah serta 1 juta pengguna dari seluruh Indonesia. Mereka menargetkan pencapaian-pencapaian tersebut hingga tahun 2024 mendatang.

Rencana Pembuatan Fasilitas Pemilahan Sampah hingga Pos Pemeriksaan

Selain target yang sudah disebutkan, ternyata Octopus menargetkan perihal pembuatan lima fasilitas pemilihan serta 1.700 pos pemeriksaan. Pos tersebut rencana akan tersebar di empat kota besar yaitu Jakarta, Bali, Bandung, dan Makassar. Tujuan dari pembangunannya sendiri adalah untuk menangani setidaknya 380 juta ton sampah yang terdiri dari sampah elektronik hingga plastik di setiap bulannya.

Octopus startup Hamish Daud dan keempat rekannya ini sudah dibangun sejak 2021 lalu. Keempat rekan yang berperan penting ini antara lain Niko Adi Nugroho, Rizki Mardian, Mochammad Ihsan, serta Dimas Ario. Didirikannya startup ini sendiri berangkat dari masalah sampah yang dekat dengan keseharian mereka. Dikutip dari TechCrunch, Ichsan membeberkan keresahannya akan dunia yang semakin ‘keruh’ akibat sampah. Apapun rencana dari startup Octopus kedepannya, semoga selalu diberikan kelancaran dan kesuksesan demi Indonesia dan dunia yang lebih baik!

Baca Juga 3 Alasan Startup Kamu Harus Aktif di Twitter Daripada di Instagram

Selamat! J&T Resmi Menjadi Startup Level Unicorn di Indonesia

Related Articles