Desain Komunikasi VisualDesain ProdukFesyenIndustri KreatifInsightKabar KreatifKriya

Pertama di dunia! Sepatu Adidas Futurecraft Loop 100% Bisa Didaur Ulang

Indiekraf.com – Adidas berhasil mengembangkan sepatu dengan material yang 100% bisa didaur ulang. Salah satu produsen merek sepatu ternama di dunia tersebut menyebutnya dengan Futurecraft Loop. Kira-kira terbuat dari bahan apa ya?

Adidas melihat masalah lingkungan belakangan ini harus segera diperhatikan. Sepatu yang sudah tidak terpakai biasanya hanya akan dibuang begitu saja. Hal tersebut mampu menambah jumlah sampah di dunia. Belum lagi hasil sampah yang nantinya dibakar juga akan dapat mempercepat proses global warming.

Baca juga 100% Buatan Indonesia, Sepatu Niluh Djelantik Digemari Selebriti Dunia

Oleh karena itu, Adidas datang dengan sebuah inovasi baru yaitu membuat sepatu yang dapat didaur ulang. Mereka memanfaatkan material bernama thermoplastic polyurethane untuk membuat sepatu Futurecraft Loop. Material tersebut dapat dicuci, dihancurkan kembali menjadi pelet, kemudian dileburkan kembali hingga menjadi benang untuk merajut bagian atas dari sepatu tersebut. Sehingga, tidak ada limbah sama sekali yang akan tercipta.

Bagian sepatu Futurecraft Loop (Foto via news.adidas.com)
Bagian sepatu Futurecraft Loop (Foto via news.adidas.com)

Pihak Adidas memberikan informasi jika hasil daur ulang dari sepatu tersebut tidak akan dibuat menjadi produk lain seperti tas atau tumbler. Namun, hasil bahan daur ulang akan kembali digunakan untuk membuat sepatu dengan performa tinggi! Hal ini tentunya akan mampu mengurangi limbah sepatu yang ada di dunia.

Baca juga 5 Rekomendasi Sepatu Lokal Berkualitas Indonesia

Dikutip dari website resminya, Adidas telah berusaha keras untuk menciptakan sepatu masa depan yang ramah lingkungan. “Kami bekerja bahu membahu dengan tim R&D, dari sinilah ide tersebut dimulai. Kami juga telah bekerja sama dengan tim Desain kami untuk menciptakan visi tentang seperti apa produk masa depan,” tulis mereka.

Sepatu Futurecraft Loop (Foto via news.adidas.com)
Sepatu Futurecraft Loop (Foto via news.adidas.com)

Saat ini, produk sepatu Futurecraft Loop telah berada di tahap percobaan. Adidas telah mengundang para influencer dan atlet untuk mencoba sepatu tersebut. Diperkirakan, sepatu ini akan menjadi sepatu pertama yang mampu didaur ulang 100% di pasar internasional. Rencananya, Futurecraft Loop akan segera dirilis pada musim panas tahun ini. Belum ada informasi resmi mengenai berapa harga yang akan dipatok untuk sepasang sepatu tersebut. Namun yang pasti, sepatu hasil inovasi Adidas yang baru ini akan membantu mengurangi masalah lingkungan di dunia.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] FUTURECRAFT.LOOP Phase 2: how we’re finding away

Related Articles