ArsitekturIndustri KreatifKabar KreatifKreatif TourismSeni PertunjukanSeni RupaWisata Kreatif

Presiden Jokowi Turun Tangan Renovasi Kawasan Wisata Candi Borobudur

Indiekraf.com – Pemerintah saat ini telah melakukan renovasi untuk memberikan suasana baru yang lebih menarik di kawasan wisata Candi Borobudur. Hal ini dilakukan karena kawasan wisata tersebut termasuk dalam lima destinasi prioritas pemerintah yang akan menjadi fokus untuk membangkitkan ekonomi Indonesia pasca pandemi Covid-19. Adapun destinasi prioritas selain Borobudur adalah Danau Toba, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Proyek renovasi tersebut sangat penting untuk dilakukan sebagai persiapan untuk menyambut para wisatawan kedepanya. Presiden Jokowi bahkan langsung turun tangan untuk membantu renovasi kawasan wisata Candi Borobudur. Dikutip dari viva.co.id, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljianto mengatakan bahwa desain salah satu koridor tersebut langsung mendapatkan arahan dari Presiden Jokowi.

Baca juga Wajib Catat! Ini Dia Hal Penting Yang Kalian Harus Tahu Sebelum Berwisata Ke Candi Borobudur

“Di kawasan Borobudur ini banyak yang akan kita lakukan, dua bulan ini akan masif. Desainnya disentuh langsung oleh Bapak Presiden, salah satunya koridor ini disentuh Bapak Presiden untuk diperluas,” ujarnya.

Basuki juga menjelaskan bahwa proses renovasi ini mengalami sedikit hambatan karena adanya pandemi Covid-19. Proyek yang harusnya selesai pada tahun 2020 ini harus molor hingga pertengahan tahun 2021.

Menurut Basuki, akan terdapat banyak perubahan yang akan dilakukan untuk merenovasi kawasan wisata tersebut. Salah satunya adalah melakukan pelebaran jalan dan trotoar untuk pejalan kaki. Selain itu, pemerintah juga akan membantu merenovasi sekitar 700 homestay agar masyarakat lokal juga memperoleh manfaat dari para wisatawan nantinya.

Baca juga Simak Upaya Pemerintah Pulihkan 5 Destinasi Super Prioritas Pasca Pandemi Covid-19

Dikutip dari detik.com, Menteri PUPR tersebut juga menjelaskan bahwa para wisatawan akan bisa menikmati wisata edukasi yang cocok untuk semua kalangan.

“Di kawasan Borobudur ini banyak sekali yang kita lakukan. Bagaimana kita harus mampu mengantarkan tamu dari Keprekan (Mungkid) ke Borobudur. Jadi nggak tiba-tiba, ujuk-ujuk melihat Borobudur, tapi dari sana akan kita antarkan bahwa akan masuk ke kawasan Borobudur melalui sentuhan-sentuhan desain arsitek yang ternama warga kita sendiri untuk bisa mengantarkan kawasan Borobudur ini menjadi kawasan eksklusif. Bukan eksklusif untuk orang-orang tertentu, tapi kawasan yang baik untuk dikunjungi sebagai kawasan wisata maupun edukasi. Apa yang dimasukkan disini (Borobudur), salah satu koridor ini disentuh langsung oleh Bapak Presiden untuk diperlebar supaya kita bisa melihat Borobudur lebih jelas,” jelas Basuki.

Referensi

[1] Renovasi Borobudur cs Rampung Medio 2021
[2] Kawasan Borobudur Direvitalisasi, Presiden Jokowi Turun Tangan

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button