Kabar KreatifKota KreatifKriyaPelaku KreatifSeni PertunjukanSeni Rupa

Profil Kota/Kabupaten Kreatif – Kabupaten Gunungkidul

Ditulis oleh: Annisa Nur Fitri

INDIEKRAF – halo, para Pelaku Industri Kreatif! Kabupaten Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Ibu Kota Wonosari yang terletak 39 km sebelah tenggara Kota Yogyakarta. Dengan luas 1.485,36 km2 atau sekitar 46,63 % dari luas wilayah Propinsi DIY, maka Gunungkidul adalah wilayah terluas.
Meskipun dikenal sebagai daerah kering dan gersang, namun Gunungkidul menyimpan berjuta keistimewaan, mulai dari kekayaan alamnya, tujuan wisata, tradisi dan adat istiadat yang istimewa serta sejarah panjang tentang Gunungkidul. Dalam hal ekonomi kreatif, terdapat tiga subsektor unggulan yakni kuliner, kriya, dan seni pertunjukan.
Dari tiga subsektor unggulan tersebut dapat dilihat bahwa seni pertunjukan memiliki potensi paling besar dilihat dari besaran omzet, serapan tenaga kerja, dan daya ungkit. Keberadaan seni pertunjukan di Gunung Kidul diwakili melalui keberadaan teater, tari,wayang, ketoprak, dan jatilan. Pengembangan subsektor seni pertunjukan akan berdampak pada perkembangan pada subsektor musik dan fesyen.

– Serapan tenaga kerja sebanyak 2160

– Omzet per tahun sekitar 1.1 milyar

– Jumlah kegiatan per tahunnya sebanyak 720

– Penghargaan yang didapat sebanyak 2 buah per tahun

Dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, Kabupaten Gunungkidul merupakan wilayah dengan pertumbuhan usaha tertinggi. Meski sebelumnya wilayah ini dikatakan sebagai daerah tertinggal di DIY, tetapi mengalami pertumbuhan jumlah usaha terbesar mencapai 49,4%. Tahun 2006 lalu, jumlah usaha di Gunungkidul hanya 75. 300 buah, dan tahun ini meningkat menjadi 112.600 buah.

Peningkatan sektor usaha di Gunungkidul menunjukkan jika industri pariwisata telah menggerakkan sektor ekonomi wilayah ini. Banyak usaha-usaha berkaitan dengan industri pariwisata bermunculan.

Selain potensi dalam bidang kesenian, potensi produksi pangan di wilayah Kabupaten Gunungkidul juga dinilai cukup bagus dan menjanjikan. Bukan tidak mungkin jika potensi tersebut dimanfaatkan dengan baik, bakal membawa dampak positif bagi perkembangan dan pertumbuhan industri olahan makanan.

Salah satu yang menjadi potensi sangat besar adalah hasil olahan tanaman ketela. Sebagaimana diketahui, hasil produksi utama di Gunungkidul adalah jenis ketela. Sumber daya yang cukup melimpah dari tanaman pangan jenis ini, bisa diolah menjadi berbagai produk olahan pangan. Sebuah peluang yang besar tentunya bagi usaha ekonomi kreatif.

Nah sekian untuk profil kota kreatif edisi Kabupaten Gunungkidul kali ini. Stay tune terus yaa untuk mengetahui profil kota-kota kreatif lainnya 🙂

source: https://www.kotakreatif.id

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close