Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifPelaku Kreatif

ROBOGURU: Solusi Praktis dan Efektif untuk Siswa Belajar

Indiekraf.com – Ruangguru belum lama ini membuat gebrakan baru di bidang teknologi. Inovasi canggih lewat fitur baru mereka dengan nama ‘Roboguru’ sudah resmi diluncurkan. Sebenarnya, layanan ini sudah dirilis pada aplikasi mereka sejak tahun 2019 silam. Seperti apa kehebatan dari fitur baru ‘Roboguru’ ini?

ROBOGURU: Solusi Praktis dan Efektif untuk Siswa Belajar
Sumber : roboguru.ruangguru.com

Roboguru Sebagai Fitur Baru Berbasis Teknologi

Roboguru merupakan sebuah teknologi yang sengaja didesain untuk membantu siswa-siswa dalam menjawab soal. Soal tersebut pun beragam dari berbagai mata pelajaran. Roboguru akan memberikan pembahasan serta rekomendasi pembelajarannya yang disajikan dalam bentuk video. 

Fitur canggih ini diketahui memanfaatkan Photo Search dan User Generated Content. Nantinya pengguna hanya perlu mengirimkan foto dari beberapa soal yang dirasa sulit untuk dikerjakan. Setelah pengiriman foto, sistem akan langsung merekomendasikan materi yang bisa membantu pengguna menyelesaikan soal tersebut.

Fitur Roboguru yang Berlaku Juga di Aplikasi WhatsApp

Tak hanya melalui aplikasinya, Ruangguru juga menyediakan fitur ini di aplikasi WhatsApp. Masih dengan alur yang sama, pengguna hanya perlu mengirimkan foto soal ke akun yang ditentukan oleh pihak Ruangguru. Fitur tersebut akan memunculkan jawaban dan pelajaran konsepnya secara otomatis dalam waktu yang sangat cepat.

Bagi para penggunanya, Ruangguru menyediakan layanan WhatsApp dengan mengetik ‘ROBOGURU’ dan mengirimkannya ke nomor 081578150000. Dikutip dari Daily Social, pengguna atau para siswa juga bisa memanfaatkan fitur baru ini dengan mengunduh aplikasi Ruangguru.

Roboguru Jadi Inovasi dan Solusi Praktis dalam Membantu Siswa

Para siswa sekolah saat ini tak perlu merasa kesulitan dalam mengerjakan soal-soal di berbagai mata pelajaran. Dengan adanya fitur canggih seperti ini, tentu siswa akan dimudahkan dalam proses belajar. Terlebih lagi, fitur ini bisa membantu para siswa di masa belajar mengajar online yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.

Hal ini juga disampaikan oleh Stephanie Hardjo selaku Head of K12 Product Ruangguru. “Selama sekolah daring, intensitas komunikasi dan konsultasi tatap muka dengan para guru menjadi langka. Saat mengerjakan PR, konsep pelajaran terkadang lebih sulit dipahami tanpa ada penjelasan tatap muka dari guru. Kami harap, inovasi terbaru Ruangguru melalui Roboguru dapat menjadi salah satu solusi praktis dan efektif dalam membantu siswa,” ujar Stephanie. 

Baca Juga Local Hero Digital Startup di Indonesia

Related Articles