Industri KreatifKabar KreatifKota KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

Sambangi Desa Wisata Boonpring Turen, Kemenparekraf Sandiaga Uno Berharap Fasilitas Terus Dibenahi

Indiekraf.com-Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berkunjung ke desa wisata Sanankerto yang berada di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jumat (15/10). Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno mencoba menaiki perahu dan berkeliling danau buatan dengan air sumber yang begitu jernih.

Sandiaga Uno pun begitu senang dengan konsep wisata desa yang dikenal oleh warga malang dengan sebutan wisata Boonpring. Sandiaga mengatakan jika desa wisata Sanankerto yang memiliki 115 spesies bambu dan juga memiliki arboretrum itu, jika divalidasi nantinya akan mampu menjadi yang terbesar di Indonesia.

“Desa wisata Sanankerto ini memiliki keunggulan 115 spesies bambu, ada juga arboretrum yang jika divalidasi bisa menjadi yang terbesar di Indonesia. Ini daya tarik utama,”kata Sandiaga melansir dari kantor berita antara.

Lebih lanjut Sandiaga mengatakan jika banyaknya koleksi jenis bambu yang ada di desa wisata Boonpring itu menjadi modal utama desa Sanankerto untuk menarik minat para wisatwan. Selain itu juga antusiasme masyarakat desa Sanankerto untuk memajukan wisata desa juga merupakan salah satu kunci berkembangnya desa wisata itu. Perekonomian desa Sanankerto bergantung pada pengembangan konsep pariwisata.

“saya melihat di desa Sanankerto ini, masyarakatnya sangat antusias, dan ekonomi bergantung pada pariwisata,”ungkap Sandiaga.

Baca juga:

Sandiaga menambahkan bahwa pemerintah Kabupaten Malang sebisa mungkin ikut membantu pengembangan desa wisata Boonpring ini, dengan pembenahan insfrastruktur penunjang pariwisata.

“saya cek, infrastruktur tambahan disini sudah cukup tersedia, saya harap desa Sanankerto nantinya punya prestasi yang baik kedepan,”ujarnya.

Sejalan dengan keinginan Menteri , Bupati Malang HM Sanusi juga mengatakan jika prestasi desa wisata Sanankerto meningkat, Pemerintah Kabupaten Malang bakal membenahi insfrastruktur utamanya jalan desa agar mampu mendukung sektor wisata.

“Nanti, jika desa Sanankerto menjadi nomor satu, akses jalan akan kami lebarkan, agar sektor pariwisata bisa lebih baik,”ungkap Sanusi.

Desa wisata Sanankerto merupakan salah satu dari 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Related Articles