Acara KreatifAplikasi Digital dan GameIndustri KreatifInsightKabar KreatifMbois MediaTips Kreatif

Simak! Keunggulan Menggunakan Flutter Dalam Membuat Aplikasi

Indiekraf.com – Pada era digital seperti sekarang, sebuah perusahaan atau startup dituntut untuk memiliki produk aplikasi yang powerful. Flutter adalah salah satu framework yang bisa menciptakan aplikasi tersebut. Terdapat banyak keunggulan yang bisa didapatkan saat menggunakan framework buatan Google ini.

Untuk mempelajari lebih dalam mengenai framework ini, DILo Malang menggelar event DILo A-Conference dengan tema “Building Hybrid App with Flutter” pada hari Jum’at (18/09) secara online. Event ini menghadirkan Adi Nugroho, seorang Senior Software Developer yang saat ini bekerja di Zyrous Pty Ltd, Perth, Australia.⁣

Baca juga NgeDILo x IxDA Malang: Proses Riset UX Research Pada Perusahaan B2B

Flutter adalah sebuah framework open-source yang dikembangkan oleh Google untuk membangun antarmuka (user interface/UI) aplikasi di beberapa sistem operasi seperti Android dan iOS. Framework buatan Google ini menggunakan bahasa Dart.

Adi mengatakan bahwa mengoding menggunakan Flutter akan mendapatkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah aplikasi kita bisa digunakan diberbagai macam sistem operasi.

“Jika mengoding menggunakan flutter, bisa digunakan dimana saja seperti iOS, Android, hingga Desktop,” ujar Adi

Baca juga NgeDILo x MQA: Cara Software Quality Assurance Melakukan Testing Aplikasi

Pria yang telah mendapatkan Google Associate Android Developer ini menambahkan jika penggunaan Flutter juga memiliki security yang tinggi. Hal ini dikarenakan telah terdapat beberapa Bank yang menggunakanya.

“Security sangat bagus, karena ada beberapa Bank yang memakainya”, tambah Adi.

Keunggulan lain dari software ini adalah mudahnya melakukan setup dari awal hingga akhir. Tak hanya itu, Flutter juga telah mendapatkan support dari Google seperti Admob, Google Map, Firebase, dsb. Tujuan dari Flutter adalah untuk mempermudah kustomisasi (customization) bagi para penggunanya.

Namun, tak ada software yang sempurna. Jika dibandingkan dengan Native, terkadang performa Flutter masih perlu ditingkatkan.

Dalam event tersebut, pria yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dibidang ini juga memberikan demo langsung bagaimana menggunakan flutter untuk membuat sebuah aplikasi. Dengan begitu, para peserta event bisa lebih memahami lagi keunggulan software tersebut.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button