Aplikasi Digital dan GameDigital Kreatif

Verifikasi Usia di Instagram akan Pakai Video Selfie?

Indiekraf.com – Pernahkah kamu mendapatkan notifikasi untuk menyertakan tanggal kelahiranmu saat membuka aplikasi Instagram? Ternyata, hal ini tak hanya dialami oleh satu-dua pengguna saja lho. Tampaknya, Instagram sedang melakukan fitur verifikasi untuk mengetahui usia dari para penggunanya. Kabar lainnya mengatakan bahwa verifikasi usia di Instagram akan menggunakan cara ‘video selfie’. Beneran gak, ya?




Verifikasi Usia di Instagram akan Pakai Video Selfie, Benarkah?

Menggunakan media sosial sepertinya sudah menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dengan kegiatan sehari-hari. Berbagai berita hingga pengetahuan penting kini bisa diakses di dunia maya. Namun, tak semua hal bisa diketahui terutama untuk anak-anak yang menggunakan media sosial. Dalam mengatasi hal ini, sudah diberlakukan verifikasi usia di Instagram di beberapa pengguna.

Hal ini dilakukan untuk memastikan privasi hingga keamanan penggunanya. Tapi, kabarnya tahap untuk verifikasi usia ini semakin rumit karena metode terbaru yang ingin dicoba oleh Instagram. Metode itu adalah lewat video selfie yang akan dikirimkan pengguna ke aplikasi tersebut.

Cara untuk Memprediksi Usia ‘ala’ Pihak Instagram

Terbilang cukup nyentrik, cara verifikasi usia di Instagram lewat video selfie dinilai efektif untuk memprediksi usia pengguna. Instagram menggandeng Yoti yang merupakan perusahaan di bidang verifikasi usia dalam sebuah jaringan. Teknologi terbaru itu kabarnya bisa memperkirakan usia dari tampilan wajah seseorang. 

Tapi, apakah hal tersebut efektif? Kabarnya, setelah video selfie pengguna diidentifikasi dan diverifikasi, Instagram dan Yoti akan menghapus video tersebut guys. Rencananya, bagi pengguna dengan usia 13-17 tahun akan mengalami ‘lock account’ atau akun dengan privasi secara otomatis. Hal ini lantaran platform tersebut tengah gencar untuk membatasi akses anak dan remaja di dalam platform mereka guna keselamatan anak.

Baca Juga Fitur NFT di Instagram Resmi Diluncurkan atau Masih Uji Coba?

Facebook Reels Diluncurkan Meta, Beda dengan Instagram Reels?

Lagu Angel Baby yang Viral di TikTok, Apa Arti di Baliknya?

Restoran Melayang Jadi Viral, Punya Sensasi Lain di Langit Jakarta!

Jumlah View Youtube Bisa Berkurang, Kenapa ya?

Related Articles