Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifOpini KreatifTips Kreatif

3 Hal Penting yang Harus Kamu Pahami Sebelum Investasi

Indiekraf.com – Beberapa hari yang lalu, kasus penipuan investasi bodong kembali menimpa Indonesia. Kali ini, platform Tanijoy yang merupakan produk digital dari PT Tanijoy Agriteknologi Nusantara diduga menggelapkan uang hingga 4 miliar rupiah. Platform tersebut juga belum memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dikutip dari bisnis.com, perhimpunan pendana (lender) Tanijoy telah membuat surat terbuka yang viral di media sosial. Sebanyak 400 orang lender yang mendanai 106 proyek dalam platform tersebut mengaku tidak mendapatkan kejelasan, dan total estimasi kerugian mencapai Rp4,16 miliar.

Oleh karena itu, sebagai investor, kita perlu lebih berhati-hati dalam melakukan investasi online, terlebih jika kita masih sebagai pemula. Pilihlah platform atau perusahaan yang terpercaya dan aman. Berikut adalah 3 hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan investasi online:

Pastikan Terdaftar OJK

Lagi dan lagi, saran ini memang sudah sangat sering kita dengar. Namun kenyataannya, melihat dari kasus Tanijoy membuat kita harus kembali mau berusaha untuk melakukan riset apakah platform yang akan kita investasikan sudah terdaftar OJK atau belum.

Selain itu, pastikan kamu juga mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya seperti Google Play Store atau App Store ya.

Hitung Keuntungan dan Kerugian

Sudah banyak platform yang memiliki fitur untuk membantu mengetahui nilai uang yang akan kita dapat ketika melakukan investasi di platform tersebut. Pahami resiko sejak awal. Selain itu, pertimbangkan kembali apakah keuntungan investasi yang ditawarkan logis atau tidak.

Tak kalah pentingnya, kita juga sebaiknya harus membaca syarat dan ketentuan yang ada dalam platform yang kita unduh.

Jangan Memaksakan Investasi Jika Belum Sanggup

Dengan melakukan investasi, kita memang memiliki potensi untuk keuntungan yang besar. Tapi jangan salah, keuntungan yang besar biasanya juga berbanding lurus dengan resiko yang besar.

Oleh karena itu, dalam melakukan investasi dengan resiko tinggi, pastikan untuk tidak menggunakan dana darurat, apalagi dana harian kamu. Pastikan kamu memiliki tabungan terlebih dahulu sebelum melakukan investasi.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Gelapkan Dana Rp4,16 Miliar, Tanijoy Dipastikan Fintech P2P Ilegal. Lapor Polisi! | Finansial – Bisnis.com

Baca juga

Related Articles