Acara KreatifDesain Komunikasi VisualIndustri KreatifKabar KreatifSeni Pertunjukan

Museum 9GAG Resmi Bangun Museum Meme, Yuk Intip Keseruan Di Dalamnya

Indiekraf.com – Museum 9GAG baru saja diresmikan pada pertengahan bulan Juli kemarin. Salah satu platform sharing meme terpopuler tersebut bekerja sama dengan K11 Art Mall untuk memamerkan meme yang ada disana.

Museum 9GAG bisa dibilang adalah museum meme fisik pertama yang ada di dunia. Di sini, para pengunjung dapat melihat dan berinteraksi dengan lebih dari 100 karya meme global maupun lokal.

Baca juga Terus Alami Kerugian, Museum Studio Ghibli Terancam Bangkrut

Bernama MEME Museum, mengajak para masyarakat khususnya yang ada di Hong Kong untuk mendapatkan kesempatan dalam merasakan ‘budaya’ yang ada di internet tersebut. Selain itu, mereka juga dapat meluangkan waktu untuk bersantai dan tertawa sambil menikmati karya yang ada di museum 9GAG.

View this post on Instagram

A post shared by K11 Art Mall (@k11artmall)

Baca juga Museum Attack on Titan Resmi Dibuka, Gratis Tanpa Biaya Masuk!

Untuk kolaborasi terobosan yang dilakukan oleh 9GAG dan K11 Art Mall ini, kedua pihak telah memilih meme lokal dan global yang paling viral di internet dan menyajikannya dalam berbagai bentuk, termasuk gambar, figur 3D, video, dan bahkan dalam bentuk hiasan. Hal ini dilakukan untuk untuk memberikan kesempatan langka bagi pengunjung dalam merayakannya meme sebagai karya seni yang mendunia.

Salah satu tujuan dari adanya museum 9GAG ini adalah membawa pengalaman meme online ke offline yang tak terlupakan. Dikutip dari asiatatler.com, museum meme ini menampilkan tujuh zona bertema, masing-masing menampilkan meme paling terkenal dan terbaik dari periode waktu yang berbeda-beda, mulai dari Wojak Feels Guy, Success Kid, Distracted Boyfriend, dan masih banyak lagi.

Sorotan lain yang ada di museum ini adalah booth foto meme khusus Snapio, kartu Meme Yes! edisi terbatas untuk pembelian dan koleksi, merchandise eksklusif “This MEMEs Aren’t Ours™️” board game yang dibuat dengan humor ala Hong Kong, serta toko tato tempat para pengunjung dapat bereksperimen dengan tato meme temporer.

Selain itu, pada museum tersebut juga dipamerkan salah satu karya meme NFT pertama di dunia yang bernama “In Meme We Love”, karya yang menampilkan kolase mengesankan gabungan lebih dari 100 meme paling viral. Karya tersebut juga akan dilelang di platform trading pada pertengahan Juli ini.

Referensi

[1] K11 Art Mall x 9GAG’s New Meme Museum Opens In Hong Kong

Related Articles