Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifKabar KreatifTips Kreatif

5 Aplikasi Sharing Knowledge Terbaik di Era New Normal

5 rekomendasi aplikasi sharing knowledge atau berbagi ilmu yang bisa kamu gunakan.

Indiekraf.com – Semakin banyak orang atau influencer yang berlomba untuk membuat konten online menggunakan aplikasi sharing knowledge. Kondisi ini membuat semakin banyak pilihan konten baru yang bisa dinikmati oleh masyarakat yang kini sebagian besar dari mereka menerapkan WFH (work from home) atau himbauan untuk tetap dirumah.

Salah satu alasan mengapa banyak orang membuat konten online adalah karena mereka bisa mendapatkan penghasilan dari konten yang mereka buat. Jika Anda juga ingin membuat konten untuk sharing ilmu, berikut 5 aplikasi sharing knowledge yang bisa Anda gunakan:

Youtube

Youtube semakin menjadi platform berbasis video yang banyak digunakan oleh masyarakat di dunia. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk bisa mengupload video dan melakukan live atau siaran langsung kepada penonton Anda. Tak hanya itu, Youtube mungkin juga bisa menjadi “ladang penghasilan” karena Anda bisa memonitise video Anda, tentu dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pihak Youtube.

 

TikTok

View this post on Instagram

etss, ya BISA dong! Ini kesempatan kamu nih biar bisa punya “centang biru” alias akun yang diverifikasi oleh TikTok 🤳🏻 . . Gimana caranya? Langsung skrg kepoin banner nya TikTok di aplikasi TikTok, klik kampanye #SAMASAMABELAJAR dan langsung cus baca info lengkapnya! . . Pssssst, selain verifikasi, ada hadiah tunai sampai 700 JUTA 🕺🏼 kalo kamu Gold medalist, kamu bisa dapetin 15 Juta dan akun yang diverifikasi! . . MASIH PENASARAN? Lgs drop your questions di kolom komentar mengenai kampanye ini, mimin tunggu dan mimin akan jawab pertanyaannya nanti! Pssst, jangan lupa, share info ini di story kamu ya! . . #tiktok #tiktokid #tiktokapps #tiktoksea #tiktokindonesia #tiktokhits #tiktokapp #samasamabelajar #berbagiILMU #indonesia #belajar #campaign #tiktokcampaign

A post shared by TikTok ID Official (@tiktokofficialindonesia) on

TikTok telah menjadi platform berbasis video yang sedang viral saat ini. Telah banyak influencer yang memanfaatkan aplikasi ini untuk membagikan informasi atau ilmu dengan cara yang menarik. Anda bisa menambahkan musik dan efek yang telah disediakan oleh TikTok. Sama dengan Youtube, TikTok mungkin juga bisa menjadi “ladang penghasilan” karena Anda juga bisa memonitise video Anda, tentu dengan syarat dan ketentuan yang dibuat oleh TikTok.

Medium

Medium bisa menjadi platform yang tepat jika Anda suka membagikan ilmu atau sharing dengan tulisan. Pembaca Anda dijamin bisa membaca tulisan Anda dengan nyaman karena tidak ada gangguan dari kolom iklan yang biasa ada di media umum. Anda juga bisa memonitise tulisan Anda sehingga Anda juga bisa berpotensi untuk menghasilkan pendapatan melalui Medium.

LinkedIn

LinkedIn terkenal dengan “profesionalitas”. Di platform ini, Anda bisa menemukan banyak para profesional di level karyawan hingga bos menggunakan LinkedIn. Platform ini cocok untuk Anda jika target utama audience Anda adalah para profesional. LinkedIn memungkinkan Anda untuk bisa membagikan ilmu Anda berupa tulisan, gambar atau video.

Telegram

Salah satu kelebihan Telegram dari Whatsapp adalah fitur membuat channel yang bisa menampung sebanyak mungkin anggota yang ingin bergabung. Selain itu, fitur group di Telegram juga bisa menampung hingga 100.000 anggota. Telegram bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berbagi ilmu berupa tulisan, gambar atau video kepada masyarakat umum.

Meski dilakukan secara online, terdapat beberapa tata krama yang sebaiknya Anda perhatikan, antara lain:

  • Menggunakan bahasa yang baik dan sopan
  • Memberikan konten yang bermanfaat
  • Tidak membuat konten yang mengandung SARA atau HOAX

Satu hal lagi, usahakan untuk membuat konten dengan komunikasi 2 arah. Berikan kesempatan untuk penonton atau pembaca konten Anda juga bisa memberikan komentar kritik atau saran. Hal ini akan dapat meningkatkan engagement Anda di platform tersebut.

 

Penulis: Achmad Faridul Himam

Baca juga

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button