Selamat Datang di Indiekraf Media - Kunjungi Juga Studio Kami untuk Berkolaborasi lebih Keren :)

Menuju Indiekraf Studio
Industri KreatifInsightKota KreatifMbois MediaPelaku KreatifSeni Pertunjukan

Goyang Karawang dan Keajaiban Seni Lainnya di Kabupaten Karawang

Profil Kota Kreatif Kabupaten Karawang

Indiekraf.com – Kabupaten Karawang telah dikenal sebagai tempat lahirnya goyang karawang yang merupakan salah satu seni tari dari Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Konon katanya, gerakan tari dari goyang Karawang terinspirasi dari cara pengolahan padi dan kehidupan masyarakat agraris sejak masa perjuangan, lho. Tetapi, Karawang nggak cuma punya goyang Karawang aja, ada keajaiban seni lain di sini. Ada apa saja ya? Simak artikel berikut sampai habis!

Seputar Kabupaten Karawang

Kabupaten Karawang adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat, letaknya di sisi paling utara dan menjadi gerbang utama untuk masuk ke provinsi Jawa Barat dari arah Jawa Tengah dan Jakarta. Kabupaten Karawang dianggap memiliki posisi yang strategis sebagai jalur transportasi utama yang menghubungkan Jakarta, Bandung, dan kota-kota lain di Jawa Barat.

Ada banyak hal yang dapat menunjang pertumbuhan pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di Kabupaten Karawang, mulai dari Candi Jiwa di wilayah utara, wilayah Rengasdengklok yang menjadi tempat sejarah bagi bangsa Indonesia, kampung tenun Gumanano sebagai destinasi wisata berbasis tenun, hingga subsektor ekraf seni pertunjukan yang segudang ada di wilayah ini.

Ada berbagai kesenian di kabupaten ini

Kesenian di Kabupaten Karawang diyakini telah ada sejak tahun 1900 dan mencapai kejayaannya pada masa kolonial. Contohnya adalah Seni Ajeng yang ditampilkan pada saat penerimaan tamu agung yang dikolaborasikan dengan tari soja (penghormatan) kepada tamu yang datang ke Karawang pada saat itu.

Dalam perkembangannya, kesenian ajeng ini telat menginspirasi munculnya kesenian khas Karawang lainnya seperti topeng banjet. Lebih lanjut ada kesenian Jaipong yang juga terkenal di Karawang.

Seni pertunjukan Kabupaten Karawang
Beberapa seni pertunjukan yang ada di Kabupaten Karawang – Sumber foto: PMK3I KotaKreatif.id

Jaipong lahir melalui proses kreatif dari H Suwanda sekitar tahun 1976. Kesenian ini merupakan garapan yang menggabungkan beberapa elemen seni tradisi Karawang, seperti pencak silat, wayang golek, topeng banjet, ketuk tilu, dan lainnya. Diketahui pelaku ekraf subsektor seni pertunjukan di Karawang ada lebih dari 900 orang!

Prestasi yang diraih

Di antara pelaku ekraf seni pertunjukan di Kabupaten Karawang, terdapat banyak penghargaan yang telah Kabupaten Karawang torehkan, 4 di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Juara 1 Festival Musik Etnik Kolaborasi Tingkat Jawa Bali (2016)
  • Penghargaan MURI 17.000 Penari di Internasional Festival Goyang Karawang (2019)
  • Seni Ajeng dan Topeng Banjet resmi sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia (2019)
  • Penghargaan Pasinggiri Mapang Penganten Tingkat Jawa Barat (2018)

Satu dari 4 penghargaan tersebut merupakan sebuah Festival Goyang Karawang Internasional yang juga turut dimeriahkan perwakilan dari 15 negara. Dari 15 negara tersebut, tercatat ada 17.857 penari yang ikut memeriahkan festival dengan tujuan untuk menunjukkan citra positif dari seni tari Goyang Karawang sebagai bagian dari budaya dan kearifan lokal yang patut diangkat dan dilestarikan.

Selain ada festival, di Karawang juga pernah diadakan kegiatan serupa sebagai upaya untuk melestarikan kesenian khas Karawang. Contohnya adalah Festival Dalang Wayang Golek dan Gempar Sejaka (Gempungan Para Seniman Jaipong Karawang).

Para pelaku ekraf subsektor seni pertunjukan di Kabupaten Karawang 

Berikut beberapa pelaku ekraf subsektor seni pertunjukan yang ternama di Kabupaten Karawang, data ini diambil dari Penilaian Mandiri Kota/Kabupaten Kreatif Indonesia (PMK3I).

Beberapa pelaku seni pertunjukan di Kabupaten Karawang – Sumber gambar: PMK3I KotaKreatif.id

Berikut merupakan beberapa kontak yang dapat dihubungi terkait seni pertunjukan di Kabupaten Karawang:

Beberapa kontak yang dapat dihubung terkait pelaku seni di Kabupaten Karawang – Sumber gambar: PMK3I KotaKreatif.id

Tak hanya punya Goyang Karawang yang sayangnya sempat punya citra negatif di masyarakat menurut informasi dari laman kebudayaan.kemendikbud, sebenarnya potensi seni pertunjukan di Kabupaten Karawang tak hanya sebatas citra itu saja. Dikutip dari laman yang sama, masyarakat setempat menciptakan seni tidak untuk mendapatkan pengakuan atau kehormatan pihak lain. Mereka menari untuk diri mereka sendiri dan juga menghibur teman serta tetangga. Kesenian ini terlahir dari sebuah jalinan keakraban antar sesama. Mereka menari dengan perasaan riang gembira dan tak ada seorang penguasa yang harus dilayani dengan eksklusif.

Tari bagi mereka merupakan suatu upaya menghibur diri sekaligus sebagai pemberi semangat hidup setelah seharian berjibaku dengan keringat di ladang dan sawah mereka karena Kabupaten Karawang juga dikenal sebagai lumbung padi nasional dan masyarakatnya merupakan masyarakat agraris. Jadi, itulah beberapa informasi tentang seni pertunjukan di Kabupaten Karawang yang lebih lengkapnya dapat kalian temukan lewat sini

Baca juga:

Show More

Related Articles

Back to top button