Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifInsightKabar Kreatif

Baru Dirilis, Aplikasi SIM Online Sinar Masih Terus Disempurnakan

Indiekraf.com – Pemerintah telah berusaha untuk membantu masyarakat membuat atau memperpanjang SIM dengan mudah. Jika dulu masyarakat harus datang langsung ke tempat Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas), kini semua proses sudah bisa dilakukan secara online. Masyarakat sekarang bisa memanfaatkan aplikasi SIM online bernama Sinar (SIM Nasional Presisi).

Pembuatan SIM selama ini membutuhkan proses yang cukup panjang. Mulai dari pengurusan surat keterangan sehat, mengisi formulir, hingga melakukan tes berkendara. Belum lagi dengan masalah antri yang cukup menguras tenaga. Tak jarang banyak orang yang sudah antri sejak SATPAS masih tutup untuk bisa mendapatkan nomor antrian lebih dulu.

Baca juga Tiga Aplikasi Ini Mungkin Bermanfaat di Telepon Canggih Kamu, Apa Saja Itu?

Dengan menggunakan aplikasi Sinar, masyarakat bisa memanfaatkan berbagai macam fitur yang ada disana, seperti E-Rikkes yang dapat mempermudah pemohon untuk mendaftar tes kesehatan. Selanjutnya adalah fitur E-Ppsi yang digunakan untuk tes psikologi untuk persyaratan perpanjang SIM. Kemudian, terdapat juga fitur E-Avis untuk keperluan tes teori SIM baru.

Dengan adanya semua fitur tersebut tentunya akan mempermudah proses pengajuan SIM baru atau perpanjangan SIM. Namun, setelah beberapa hari dirilis, aplikasi Sinar masih mendapatkan beberapa kendala. Terdapat sebagian masyarakat yang merasakan error saat menggunakan aplikasi tersebut.

Baca juga Mahasiswa UB Ciptakan Aplikasi Terjemah dan Belajar Bahasa Isyarat Bagi Kaum Disabilitas

Dikutip dari CNNIndonesia.com, terdapat seorang pengguna yang tidak bisa masuk ke dalam aplikasi Sinar meski sudah berhasil diunduh. Kendala juga dialami oleh Febri, seorang karyawan swasta di Jakarta yang tidak mendapatkan kode OTP (one time password) setelah Ia mendaftarkan nomor teleponnya. “Sampai sekarang nyoba malah tidak dikirim-kirim OTP-nya,” ujar Febri.

Bug atau gangguan biasanya memang sering terjadi di aplikasi digital. Apalagi jika aplikasi tersebut masih baru saja dirilis. Oleh karena itu, pihak pemerintah harus lebih aktif kembali untuk melakukan evaluasi dan optimasi terhadap aplikasi Sinar agar dapat melayani masyarakat secara maksimal dan tanpa gangguan. Kita semua berharap aplikasi Sinar dapat digunakan kembali tanpa masalah dalam waktu dekat.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Pengguna Mengeluh Aplikasi SIM Online Sinar Tak Dapat Dipakai

Related Articles