Industri KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

Candi Borobudur Tutup Sementara, Apa Alasannya?

Inidekraf.com – Salah satu tempat wisata terkenal di Jawa Tengah, Candi Borobudur, memang sudah jadi bucket list liburan banyak orang. Akan tetapi, belum lama ini beredar kabar bahwa Candi Borobudur tutup sementara. Berita ini tentu mengundang banyak tanda tanya masyarakat. Hal itu terlebih karena saat ini sedang musim libur lebaran. Kira-kira, apa alasan dibalik penutupannya ya?

Candi Borobudur Tutup Sementara, Apa Alasannya?
Sumbe r: https://www.instagram.com/pesonaid_travel/

Candi Borobudur Tutup Sementara, Apa Alasannya?

Candi Borobudur, salah satu tempat wisata terkenal di Magelang, Jawa Tengah saat ini terpaksa ditutup. Alasan di baliknya juga ternyata menjadi pertanyaan para calon pengunjung nih. Hal ini mengingat masyarakat sudah berbondong-bondong ingin menjalani libur lebaran di tempat wisata ikonik tersebut. 

Candi Borobudur tutup sementara mulai tanggal 8 hingga 17 Mei 2021. Hal ini ternyata sudah diumumkan oleh pihak Balai Konservasi Borobudur. Penutupan sementara ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 yang lebih besar di kemudian hari. Wiwit Kasiyati selaku Kepala Balai Konservasi Borobudur pun memberikan keterangan tertulisnya. 

Kabupaten Magelang Masih Termasuk Zona Oranye

Penutupan Candi Borobudur ini pun sudah mengacu kepada Surat Edaran Bupati Magelang Nomor 443.5/1729/01.1/2021 tanggal 4 Mei 2021. Surat tersebut berisi tentang Perpanjangan PPKM Berbasis Mikro untuk Pengendalian Penyebaran COVID-19 di Kabupaten Magelang.

Selain itu, aturan penutupan ini juga berdasarkan dari Surat Edaran Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang Nomor 556/324/19/2021 Tanggal 7 Mei 2021. Aturan tersebut mengenai perpanjangan PPKM berbasis mikro demi mengendalikan COVID-19 pada liburan Idul Fitri. Saat ini, Magelang senditi masih berada di zona oranye. Hal ini menyebabkan adanya batasan terkait aktivitas di zona tersebut.

Candi Borobudur Tutup Sementara untuk Kendalikan Penyebaran COVID-19 

Dalam rangka mencegah adanya persebaran virus COVID-19 yang lebih luas, Candi Borobudur tutup sementara waktu. Mengingat juga saat ini masih dalam suasana libur lebaran, penting bagi pengelola untuk meminimalisir kegiatan di tempat ramai. Hal ini juga berlaku di destinasi wisata yang akhirnya mengharuskan mereka ditutup sementara.

Dikutip dari CNN Indonesia, pihak pengelola Candi Borobudur memberikan keterangan. “Demi keselamatan pengunjung Candi Borobudur, tenaga pemeliharaan, tenaga pengamanan dan tenaga pendaming pemanfaatan Candi Borobudur, maka Candi Borobudur ditutup sementara untuk kunjungan pada 8-17 Mei 2021,” jelasnya.

Baca Juga Kota Tua hingga Sunda Kelapa Siap Jadi Destinasi Wisata Dunia?

Related Articles