Digital Kreatif

Daftar Haji Lewat Aplikasi Kini Lebih Mudah, Gimana Caranya?

Indiekraf.com – Bicara soal ibadah haji, pastinya kita tak bisa lepas dari yang namanya ‘antrean’ ya. Hal ini sudah menjadi rahasia umum, karena salah satu proses yang perlu dilakukan setelah mendaftar adalah menunggu untuk keberangkatan. Selain itu, ada juga beberapa proses yang harus dijalani untuk mendaftar. Daftar Haji lewat aplikasi kini sudah bisa dilakukan lho. Sudah tahu caranya? Kalau belum, simak penjelasannya di bawah ya!

Aplikasi HajiPintar Resmi Dirilis oleh Menteri Agama di Tahun 2022

Beberapa waktu lalu, beredar kabar menarik untuk masyarakat yang ingin beribadah Haji. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama (Menag) baru saja merilis aplikasi mobile terbaru. Hal tersebut merupakan cara mudah untuk daftar haji lewat aplikasi. Aplikasi ini bernama HajiPintar. 

Dilakukan oleh Menag, perilisian aplikasi HajiPintar ternyata juga dibarengi oleh pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Program Penyelenggaraan Haji dan Umrah 2022. Tepatnya dilakukan di Asrama Haji di bilangan Pondok Gede, Jakarta. 

Cara Daftar Haji Lewat Aplikasi

Sebagai salah satu cara yang cukup mudah, aplikasi HajiPintar bisa membantu masyarakat untuk daftar haji lewat aplikasi. Hal ini dibahas oleh Yaqut pada Kamis (17/3) lalu. “Saat mendaftar, jemaah tidak harus datang ke Kantor Kemenag Kab/Kota. Bukti pendaftaran hajinya dikirimkan dalam bentuk elektronik dengan tanda tangan elektronik pula,” terangnya.

Tak hanya bisa digunakan oleh warga negara Indonesia (WNI), ternyata aplikasi ini juga bisa digunakan untuk WNI yang ada di luar negeri nih. Proses pendaftaran haji kini menjadi lebih sederhana serta mudah. Yaqut juga menambahkan, “Terus kembangkan. Misalnya, pembelajaran manasik di Tanah Air yang dilaksanakan dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital sehingga calon jamaah saat belajar manasik benar-benar bisa merasakan hadir di Makkah meskipun secara virtual. Ini akan sangat membantu jamaah haji kita daripada menggunakan cara konvensional. Saat ini sudah eranya Metaverse,”.

Baca Juga Rekomendasi Aplikasi untuk Bantu Tingkatkan Produktivitas Kerja

Dukung Digitalisasi Pendidikan, Anak Muda Kota Malang Ciptakan Aplikasi Edupongo

Fasilitasi Warga Mencari Kerja, Pemkot Malang Kembangkan Aplikasi Job Fair Active

Related Articles