Digital KreatifIndustri Kreatif

Rekomendasi Aplikasi untuk Bantu Tingkatkan Produktivitas Kerja

Yuk Simak Berikut Rekomendasi Aplikasi untuk Bantu Kinerja dan Produktivitas di Kantor!

Indiekraf.com – Pastinya tidak jarang Anda berjuang untuk tetap fokus pada tugas dan tanggung jawab yang harus diselesaikan. Tenggat waktu yang dekat dan gangguan media sosial yang jauh lebih menarik daripada pekerjaan, membuat agak kesulitan untuk tetap fokus dan meningkatkan produktivitas kerja.

Semua orang ingin bisa melakukan lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Terlebih dengan sistem kerja WFH yang tidak mengharuskan Anda untuk bekerja di kantor, fokus pada pekerjaan menjadi tantangan tersendiri. Untungnya, di zaman sekarang ini teknologi sudah bisa dibilang menjadi bagian penting setiap harinya. Salah satu hal yang bisa Anda manfaatkan adalah penggunaan aplikasi untuk tetap produktif menjalankan kegiatan sehari-hari.

Dengan berbagai aplikasi dan program yang tersedia, penting untuk memastikan apa yang Anda butuhkan. Jika Anda sedang mencari cara untuk membantu meningkatkan produktivitas, berikut adalah beberapa aplikasi pada handphone yang bisa memastikan Anda menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien.

Meningkatkan Produktiviast Kerja
Meningkatkan Produktivitas Kerja

Sumber: Pexels.com/@olly

Trello

Trello adalah aplikasi serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Jika Anda memiliki banyak tugas yang harus dikerjakan, Anda bisa mempertimbangkan untuk mencoba menggunakan aplikasi ini. Dengan menggunakan Trello, Anda dapat membuat sebuah ‘papan kerja’ untuk setiap proyek yang Anda miliki.

Dalam setiap papan kerja atau board, Anda dapat membuat sebuah daftar dari semua kegiatan yang harus dikerjakan untuk menyelesaikan masing-masing proyek yang sedang berjalan. Tidak hanya akan membantu meningkatkan fokus saja, Anda juga akan memiliki gambaran mengenai apa saja yang harus dilakukan.

Forest

Forest adalah aplikasi yang direkomendasikan jika Anda memiliki kesulitan meletakkan ponsel dan fokus pada satu tugas. Kapan pun Anda ingin fokus, bukalah aplikasi Forest dan tanam sebuah pohon. Pohon ini akan tumbuh selama Anda fokus dan Anda tidak diperbolehkan untuk bermain dengan ponsel Anda.

Jika Anda keluar dari aplikasi sebelum pohon selesai tumbuh, pohon akan mati. Anda bisa mengubah pohon-pohon ini dan membuatnya menjadi seluruh hutan. Agar lebih menarik, Forest akan menghadiahkan Anda spesies pohon tambahan dengan tambahan suara yang menenangkan untuk menemani koleksi hutan Anda. Tidak hanya itu, Forest juga bermitra dengan Trees For The Future yang memberikan Anda kesempatan untuk menukarkan koin dengan menanam pohon di kehidupan nyata.

Evernote

Jika Anda lebih suka membuat catatan secara digital atau sering mencampur tulisan tangan dan catatan digital, Evernote adalah aplikasi yang cocok untuk Anda. Tidak hanya menulis catatan saja, terdapat salah satu fitur keren lain, yaitu kemampuannya untuk mengambil foto catatan tertulis dan mengunggahnya ke dalam aplikasi.

Fitur pencarian juga dapat Anda gunakan untuk mencari berbagai file yang dimiliki dengan kemampuan menganalisis tulisan tangan. Setelah membuat catatan dalam aplikasi, Anda bisa mengatur catatan tersebut dan mengelompokkannya dengan menambahkan tag. Evernote juga bisa kamu hubungkan dengan seluruh perangkat sehingga Anda tidak perlu khawatir “meninggalkan buku catatan” di rumah.

Todoist

Jika Anda perlu mengerjakan tugas atau pekerjaan, Anda bisa menggunakan Todoist untuk menulis semua informasi penting yang Anda perlukan. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan anotasi, deadline, bahkan melihat tingkat produktivitas Anda setiap hari.

Walaupun tidak sedikit yang menggunakan Todoist sebagai pengingat pribadi dan pengatur waktu, Todoist juga merupakan aplikasi yang bagus untuk berkolaborasi dengan tim. Anda bisa membagi proyek dan tugas dalam aplikasi dan menghubungi rekan kerja atau mitra dengan lebih efektif.

Slack

Slack menjadi aplikasi yang unik karena telah menyederhanakan fungsi komunikasi di tempat kerja, terlebih saat Work from Home (WFH), terutama bagi para pekerja yang perlu berkolaborasi dengan banyak tim. Di Slack, Anda dapat dengan cepat membuat grup baru untuk tim, proyek, atau bahkan obrolan pribadi.

Dengan memanfaatkan Slack, Anda akan jauh lebih mudah berbagi file dan informasi tanpa harus menjawab panggilan telepon atau mengikuti konferensi video. Jadi, Anda bisa dengan mudah mengirim, memperoleh, dan mengatur pesan dalam aplikasi yang sederhana dan userfriendly.

Google Documents

Google Documents adalah salah satu alat terbaik untuk berbagi dokumen dan berkolaborasi dengan beberapa orang di waktu yang sama. Program online ini dapat membantu Anda untuk tidak perlu menyimpan dan mengirim file secara terus-menerus selama proses penulisan dan pengeditan. Bergantung pada pengaturan Anda, dokumen juga dapat dibagikan untuk di dalam dan luar organisasi Anda. Hal ini dapat membantu seluruh anggota tim untuk bekerja sama dari mana saja, mengurangi dokumen yang berlebihan, dan meminimalkan kesalahpahaman saat bekerja.

 

Baca Juga :

Related Articles