Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifPelaku Kreatif

Facebook Rilis Aplikasi Soundbites Untuk Saingi Clubhouse

Indiekraf.com – Clubhouse sempat menjadi aplikasi populer yang digemari masyarakat dunia. Melihat hal tersebut membuat para perusahaan teknologi besar dunia tertarik untuk membuat produk serupa, salah satunya adalah Facebook. Kini, mereka dikabarkan sedang mengembangkan aplikasi barunya bernama Soundbites.

Aplikasi Soundbites akan dirilis dalam beberapa bulan lagi. Saat ini, aplikasi tersebut masih dalam tahap uji secara terbatas dan hanya dapat diakses oleh beberapa orang saja melalui undangan. Mirip seperti apa yang dilakukan oleh Clubhouse dahulu.

Baca juga Bisakah YouTube Shorts Mengalahkan Popularitas TikTok?

Melalui aplikasi ini, para penggunanya dapat berbagai audio pendek dan membuka sebuah ‘room’ dimana mereka bisa memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin bergabung. Para pengguna bisa saling berinteraksi via audio secara langsung.

Dikutip dari CNNIndonesia.com, Zuck mengatakan bahwa Soundbites saat ini masih dalam tahap pengujian selama beberapa bulan. “Kami akan mulai menguji Soundbites selama beberapa bulan ke depan dengan sejumlah kecil kreator dan menyempurnakan produk dengan masukan mereka sebelum membuatnya tersedia untuk semua orang,” ujarnya.

“Anda isa mendengarkan topik yang lebih sulit (dicerna) lewat medium lain. Dan lewat audio, saya kira, membuat lebih mudah diakses, karena bisa didengarkan sambil melakukan hal lain,” tambah Zuck.

Baca juga Aplikasi Pesaing Tiktok, Snack Video Bakal Beri Hadiah Hingga Milyaran Pada Kreator

Ada yang menarik dari aplikasi baru yang sedang dikembangkan oleh Facebook ini, yaitu para penggunanya berkesempatan untuk bisa mendapatkan uang dari Soundbites. Dalam situs resmi Facebook, mereka menuliskan bahwa para pengguna bisa belajar sekaligus berbisnis. “Jadi saat peluncuran, kami memperkenalkan berbagai cara bagi pembuat audio untuk membangun bisnis sambil mengejar minat mereka,” tulis Facebook.

Rencana monetasi tersebut mungkin bisa menjadi satu senjata ampuh untuk bisa mengalahkan Clubhouse. Apalagi aplikasi tersebut masih dapat dinikmati oleh orang yang memiliki device iPhone. Sehingga, terdapat peluang besar jika Soundbites bisa dinikmati oleh semua smartphone. Sebelumnya, Twitter juga telah mengambil langkah serupa dengan menciptakan fitur Spaces yang akan segera diluncurkan bulan April ini.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Facebook Bikin Aplikasi Audio Mirip Clubhouse, Bisa Cari Uang

Related Articles