Desain Komunikasi VisualDesain ProdukFesyenIndustri KreatifInsightKabar Kreatif

Ini Upaya Kemenperin Untuk Mempercantik Kemasan Produk IKM Kosmetik

Indiekraf.com – Kemenperin terus berupaya untuk mendukung meningkatkan kualitas produk IKM kosmetik di Indonesia. Selan memperhatikan tentang bahan yang digunakan, kualitas desain kemasan juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan kualitas produk kosmetik. Desain kemasan produk yang bagus dapat membantu meningkatkan kualitas dan penjualan sebuah produk, terutama pada produk kosmetik.

Saat ini, tren kemasan produk di dunia terus berkembang. Dikutip dari kemenperin.go.id, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan bahwa kemasan yang ramah lingkungan saat ini sedang menjadi sebuah tren baru.

Baca juga Simak! Trend Baru Yang Diciptakan Para Desainer Agar Bisa Bertahan Di Tengah Pandemi Covid-19

“Tren kemasan untuk produk kosmetik dan produk herbal saat ini mulai berkembang menjadi ramah lingkungan, seperti menggabungkan tutup kemasan natural atau tidak berwarna (non-logam), tutup kemasan dari bambu, serta plastik daur ulang berkualitas tinggi,” kata Gati.

Hal ini dikarenakan telah banyak produsen kosmetik yang sudah memperhatikan masalah perlindungan lingkungan. Mulai dari bahan pembuatan kosmetik hingga bahan kemasan yang ramah lingkungan. Oleh karena itu, IKM kosmetik yang ada di Indonesia diharapkan juga memperhatikan hal tersebut.

Selain itu, masyarakat saat ini juga sudah sangat peduli dengan keadaan lingkungan. Tren untuk menggunakan produk dari bahan alami terus meningkat. Hal ini terbukti dengan banyaknya produk kosmetik berbahan dasar alami yang muncul di pasar kosmetik Indonesia seperti masker wajah atau produk spa.

Baca juga 100% Buatan Indonesia, Sepatu Niluh Djelantik Digemari Selebriti Dunia

Gati menambahkan bahwa selain memperhatikan bahan kemasan, kreatifitas desain juga perlu diperhatikan. Desain kemasan yang menarik dapat menjadi faktor penting dalam memasarkan sebuah produk kosmetik.

“Dengan meningkatnya penggunaan kosmetik dan produk herbal, memacu produsen untuk berkreasi merancang kemasan yang menarik sehingga fungsi utama dari kemasan tidak hanya untuk menjaga produk, namun juga kemasan dapat menjadi faktor yang cukup penting sebagai alat pemasaran,” tambah Gati.

Dengan memperhatikan semua hal diatas, Gati berharap daya saing dan kualitas IKM khusunya produsen kosmetik dan produk herbal bisa lebih meningkat.

“Dari segi kemasan yang menarik dengan kualitas memenuhi standar, kemasan selain berfungsi mewadahi atau membungkus produk, dapat juga sebagai sarana promosi serta informasi dari produk tersebut sekaligus meningkatkan citra, daya jual dan daya saing,” pungkas Gati.

Penulis : Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Kemenperin Poles Kualitas Desain Kemasan IKM Kosmetik

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button